PENGARUH MEDIA AUDIO VISUAL DENGAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL TERHADAP HASIL BELAJAR IPA

Pratiwi, Dhista Putri (2017) PENGARUH MEDIA AUDIO VISUAL DENGAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL TERHADAP HASIL BELAJAR IPA. Other thesis, Skripsi, Universitas Muhammadiyah Magelang.

[img]
Preview
PDF (Skripsi)
12.0305.0029 _ BAB I _ BAB II _ BAB III _ BAB V _ DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (657kB) | Preview
[img] PDF (Skripsi)
12.0305.0029 _ BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (236kB) | Request a copy
[img] PDF (Skripsi)
12.0305.0029 _ LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] PDF (Skripsi)
12.0305.0029 _ FULLTETX.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (6MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media audio visual dengan pendekatan kontekstual terhadap hasil belajar IPA. Penelitian ini merupakan penelitian kuasi eksperimen dengan model pre test – post test control group design yang menggunakan kelas eksperimen dan kelas kontrol. Variabel penelitian ini terdiri dari variabel bebas dan variabel terikat, dimana variabel bebas dalam penelitian ini yaitu media audio visual dengan pendekatan kontekstual dan variabel terikat dalam penelitian ini yaitu hasil belajar IPA. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SD Negeri 1 Mungseng yang berjumlah 23 siswa dan seluruh siswa kelas V SD Negeri Giyanti yang berjumlah 27 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan tes hasil belajar IPA. Teknik pengumpulan data menggunakan uji-t untuk menguji pengaruh media audio visual dengan pendekatan kontekstual terhadap hasil belajar IPA. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa perhitungan rata-rata post test kelas eksperimen sebesar 80 lebih tinggi daripada rata-rata kelas kontrol sebesar 74. Hasil penelitian menunjukan bahwa nilai signifikan 0.013 < 0,05 Sedangkan Hasil analisis data menunjukan nilai thitung 2.589> ttabel 1.68, artinya ada perbedaan yang signifikan antara hasil posttest kelas eksperimen yang menggunakan media audio visual dengan pendekatan kontekstual dengan kelas kontrol yang menggunakan ceramah. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh positif media audio visual dengan pendekatan kontekstual terhadap hasil belajar IPA siswa kelas V SD Negeri 1 Mungseng.

Item Type: Karya Ilmiah (Other)
Pembimbing: Hermahayu,M.Si (0611098203) dan Astuti Mahardika, M.Pd (0626118702)
Uncontrolled Keywords: Media Audio Visual, Pendekatan Kontekstual, Hasil Belajar IPA.
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Depositing User: Sulistya Nur Ginanjar, SIP.
Date Deposited: 22 Jul 2019 03:59
Last Modified: 22 Jul 2019 03:59
URI: http://eprintslib.ummgl.ac.id/id/eprint/384

Actions (login required)

View Item View Item