Kompetensi Pedagogik Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Di SD Muhammadiyah 2 Alternatif Kota Magelang. Skripsi. Magelang: Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Magelang

Febrina, Anisa Setya Budi (2022) Kompetensi Pedagogik Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Di SD Muhammadiyah 2 Alternatif Kota Magelang. Skripsi. Magelang: Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Magelang. Other thesis, Universitas Muhammadiyah Magelang.

[img]
Preview
PDF
18.0401.0061_COVER_BAB I_BAB II_BAB III_BAB V_DAFTAR PUSTAKA - Anisa Setya Budi Febrina.pdf - Published Version

Download (393kB) | Preview
[img] PDF
18.0401.0061_COVER_BAB IV - Anisa Setya Budi Febrina.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (329kB)
[img] PDF
18.0401.0061_FULLTEXT - Anisa Setya Budi Febrina.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB)
[img] PDF
18.0401.0061_COVER_LAMPIRAN - Anisa Setya Budi Febrina.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] PDF
18.0401.0061_COVER_PERNYATAAN UNGGAH REPOSITORY - Anisa Setya Budi Febrina.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (116kB)

Abstract

Guru memiliki peranan penting dalam meningkatkan kualitas pembelajaran termasuk dalam meningkatkan kualitas pembelajaran PAI. Peran guru dalam pembelajaran memiliki pengaruh yang sangat besar teradap perubahan tingkah laku siswa. Sehingga untuk dapat mencapai kualitas pembelajaran yang sesuai dengan harapan, diperlukan guru yang menguasai kompetensi salah satunya ialah kompetensi pedagogik. Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui kompetensi pedagogik guru Pendidikan Agama Islam dalam meningkatkan kualitas pembelajaran pada peserta didik di SD Muhammadiyah 2 Alternatif Kota Magelang dan mengetahui faktor pendukung dan penghambat guru Pendidikan Agama Islam dalam meningkatkan kualitas pembelajaran pada peserta didik di SD Muhammadiyah 2 Alternatif Kota Magelang. Metode dalam penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknis analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian berupa: 1) Kompetensi pedagogik yang dimiliki oleh guru PAI di SD Muhammadiyah 2 Alternatif Kota Magelang cukup baik. Hal ini dibuktikan dengan guru PAI sudah mampu memahami karakateristik peserta didik yang bermacam-macam dengan baik, mampu merancang pembelajaran seperti menetukan pendekatan, model, metode dan strategi pembelajaran yang disesuaikan dengan kemampuan dan kebutuhan peserta didik, guru melakukan evaluasi pembelajaran untuk menganalisis kemampuan hasil belajar peserta didik, serta guru mampu dalam mengembangkan peserta didik untuk dapat mengaktualisasikan berbagai potensi yang dimilikinya melalui ekstrakurikuler dan sarana prasarana yang memadai. 2) Faktor pendukung guru Pendidikan Agama Islam dalam meningkatkan kualitas pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SD Muhammadiyah 2 Alternatif Kota Magelang adalah siswa aktif dalam pembelajaran, sarana dan prasarana sekolah yang memadai, sekolah memberikan pelatihan kepada guru PAI untuk dapat meningkatkan kompetensi pedagogiknya, kegiatan ekstrakurikuler yang mendukung pembentukan karakter siswa, dan komunikasi yang terjalin dengan baik antara sesama guru PAI dan kepala sekolah. Sedangkan faktor penghambatnya adalah karakteristik siswa yang bermacam-macam dan tingkat kecerdasan siswa yang berbeda.

Item Type: Karya Ilmiah (Other)
Pembimbing: M. Tohirin, M.Ag dan Afga Sidiq Rifai, M.Pd.I
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
L Education > LB Theory and practice of education
Depositing User: Atin Istiarni
Date Deposited: 20 Oct 2022 02:00
Last Modified: 20 Oct 2022 02:00
URI: http://eprintslib.ummgl.ac.id/id/eprint/3791

Actions (login required)

View Item View Item