PENGARUH MODEL QUANTUM LEARNING BERBANTUAN MEDIA MINIATUR EROSI DAN GUNUNG MELETUS TERHADAP AKTIVITAS BELAJAR IPA (Penelitian pada Siswa Kelas IV SD Negeri Krincing, Secang, Magelang)

Nurhalimah, Silvia (2017) PENGARUH MODEL QUANTUM LEARNING BERBANTUAN MEDIA MINIATUR EROSI DAN GUNUNG MELETUS TERHADAP AKTIVITAS BELAJAR IPA (Penelitian pada Siswa Kelas IV SD Negeri Krincing, Secang, Magelang). Other thesis, Skripsi, Universitas Muhammadiyah Magelang.

[img]
Preview
PDF (Skripsi)
12.0305.0017_BAB I_BAB II_BAB III_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (804kB) | Preview
[img] PDF (Skripsi)
12.0305.0017_BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (280kB) | Request a copy
[img] PDF (Skripsi)
12.0305.0017_LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] PDF (Skripsi)
12.0305.0017_FULLTEXT.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh penggunaan model Quantum Learning terhadap aktivitas belajar IPA. Penelitian dilakukan pada siswa kelas IV SD N Krincing kecamatan Secang kabupaten Magelang. Penelitian ini menggunakan Pretest-Posttest Control Group Design dengan satu perlakuan. Subjek penelitian dipilih secara purposive sampling, Kelompok eksperimen terdiri dari 20 siswa yang di beri perlakuan (menggunakan model pembelajaran Quantum Learning dan media miniatur erosi dan gunung meletus) dan kelompok kontrol terdiri dari 20 siswa yang tidak di beri perlakuan (pembelajaran Konvensional). Ada dua variabel yang digunakan dalam penelitian yaitu: variabel terikat yang berupa aktivitas belajar IPA, serta variabel bebas yang berupa model Quantum Learning berbantuan media miniatur erosi dan gunung meletus. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah lembar observasi. Teknik analisis data menggunakan analisis parametric one way ANOVA. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model Quantum Learning berpengaruh terhadap aktivitas belajar IPA. Hal ini dibuktikan dengan adanya perbedaan nilai rata-rata antara kelompok eksperimen dengan kelompok kontrol, dimana nilai rata-rata kelompok eksperimen 51,15 lebih tinggi dibandingkan dengan kelompok kontrol dengan nilai rata-rata 41,95. Selain itu, adanya perbedaan pemahaman dan pengetahuan siswa sebelum diberikan perlakuan dengan setelah diberikan perlakuan dapat diketahui F 1.188 dengan signifikasi 0,283 > 0,05 maka Ho diterima, sedangkan hasil posttest F 8,505 > 0,05 dengan signifikansi 0,006 < 0,05 maka Ho ditolak. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa model Quantum Learning berbantuan media miniatur erosi dan gunung meletus berpengaruh dalam perubahan aktivitas belajar IPA siswa SD kelas IVdi SD Negeri Krincing Tahun Pelajaran 2016/2017.

Item Type: Karya Ilmiah (Other)
Pembimbing: Dr. Muhammad Japar, M.Si.,Kons., (0012096606) dan Galih Istiningsih, M.Pd., (0619018901)
Uncontrolled Keywords: Aktivitas Belajar IPA, Model Quantum Learning
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Depositing User: Sulistya Nur Ginanjar, SIP.
Date Deposited: 22 Jul 2019 03:56
Last Modified: 22 Jul 2019 03:56
URI: http://eprintslib.ummgl.ac.id/id/eprint/379

Actions (login required)

View Item View Item