Rachmawati, Indah Sani (2022) Pengaruh Pola Asuh Orang Tua Terhadap Motivasi Belajar Fiqih Siswa MTs Ma’arif 1 Grabag Kabupaten Magelang. Skripsi. Magelang: Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Magelang, 2022. Other thesis, Universitas Muhammadiyah Magelang.
|
PDF
18.0401.0048_COVER_BAB I_BAB II_BAB III_BAB V_DAFTAR PUSTAKA - Rachmawati Sani indah.pdf - Published Version Download (585kB) | Preview |
|
PDF
18.0401.0048_COVER_BAB IV - Rachmawati Sani indah.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (269kB) |
||
PDF
18.0401.0048_FULLTEXT - Rachmawati Sani indah.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (2MB) |
||
PDF
18.0401.0048_COVER_LAMPIRAN - Rachmawati Sani indah.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (1MB) |
||
PDF
18.0401.0048_COVER_PERNYATAAN_UNGGAH_REPOSITORY - Rachmawati Sani indah.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (276kB) |
Abstract
Ada banyak hal yang dapat mempengaruhi motivasi belajar siswa, salah satunya yaitu pola asuh orang tua, yang mana orang tua memegang kendali dalam pembentukan diri seorang anak. Dengan demikin penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh pola asuh orang tua terhadap motivasi belajar siswa fiqih MTs Ma’arif 1 Grabag kabupaten Magelang, serta pola asuh mana yang paling dominan mempengaruhi siswa MTs Ma’arif 1 Grabag kabupaten Magelang. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif yang mana teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan penyebaran angket (kuesioner). Penelitian ini menggunakan jenis penelitian survei. Penelitian ini tidak menggunakan sampel, oleh karena itu disebut penelitian populasi. Angket dalam penelitian ini merupakan hal yang pokok dalam pengumpulan data. Subjek dalam penelitian ini ialah seluruh siswa MTs Ma’arif 1 Grabag kabupaten Magelang dengan jumlah siswa sebanyak 39 siswa. Teknik analisis data dalam penelitian ini ialah menggunakan analisi korelasi serta analisis regresi linier sederhana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1). Pengaruh pola asuh orang tua secara bersama-sama (x1, x2, dan x3) dengan motivasi belajar fiqih (y) sebesar 0,606 (36,8%), dan sisanya 63,2% dipengaruhi oleh faktor lain, adapun secara rinci meliputi: pengaruh pola asuh demokratis (x1) dengan motivasi belajar fiqih sebesar 29,26%, pengaruh pola asuh otoriter (x2) sebesar 24,80%, dan pengaruh pola asuh permissif 17,80%. 2). Tipe pola asuh orang tua paling dominan yaitu pola asuh demokratis dengan jumlah sebanyak 0,541 (29,26%). Dalam proses pola asuh orang tua maka akan lebih baik jika orang tua menerapkan ketiga pola asuh tersebut secara sama-sama sesuai dengan keadaan, permasalahan, dan kebutuhan yang dihadapi. Hal ini didapat karena pengaruh dari menerapkan ketiga pola asuh tersebut lebih besar dari pada orang tua yang hanya menerapkan satu pola asuh saja.
Item Type: | Karya Ilmiah (Other) |
---|---|
Pembimbing: | Drs. Mujahidun, M.Pd. dan Istania Widayati, M.Pd.I |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc L Education > LB Theory and practice of education |
Depositing User: | Atin Istiarni |
Date Deposited: | 20 Oct 2022 01:59 |
Last Modified: | 20 Oct 2022 01:59 |
URI: | http://eprintslib.ummgl.ac.id/id/eprint/3789 |
Actions (login required)
View Item |