Dzulfikar, Arif (2022) Upaya Guru Pendidikan Agama Islam dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Qur’an Hadits di MI Muhammadiyah 2 Bonjor Kecamatan Tretep Kabupaten Temanggung. Skripsi. Magelang: Fakultas Agama Islam Universitas muhammadiyah Magelang, 2022. Other thesis, Universitas Muhammadiyah Magelang.
|
PDF
18.0401.0041_COVER_BAB I_BAB II_BAB III_BAB V_DAFTAR PUSTAKA - Arif Zulfikar.pdf - Published Version Download (437kB) | Preview |
|
PDF
18.0401.0041_COVER_BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (864kB) |
||
PDF
18.0401.0041_FULLTEXT.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (3MB) |
||
PDF
18.0401.0041_COVER_LAMPIRAN - Arif Zulfikar.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (2MB) |
||
PDF
18.0401.0041_COVER_PERNYATAAN UNGGAH REPOSITORY - Arif Zulfikar.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (324kB) |
Abstract
Guru Pendidikan Agama Islam terutama guru Qur’an Hadits sangat berperan penting dalam mewujudkan kualitas pembelajaran dan meningkatkan prestasi belajar siswa. Karena guru mempunyai tanggung jawab besar dalam proses pembelajaran. Kualitas pembelajaran dan prestasi belajar salah satunya dapat ditingkatkan melalui peningkatan motivasi belajar. Tujuan penelitian ini adalah: (1) mendeskripsikan upaya guru Pendidikan Agama Islam dalam meningkatkan motivasi belajar Qur’an Hadits. (2) mendeskripsikan bagaimana faktor pendukung dan penghambat guru Pendidikan Agama Islam dalam meningkatkan motivasi belajar Qur’an Hadits. Penelitian ini adalah penelitian lapangan dengan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan (1) observasi (2) wawancara (3) dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa (1) upaya guru Pendidikan Agama Islam dalam meningkatkan motivasi belajar Qur’an Hadits adalah dengan beberapa cara, yaitu (a) menerapkan strategi belajar kooperatif (cooperative learning). (b) melaksanakan pembelajaran berbasis teknologi. (c) menerapkan metode MULAQU (Mudah Belajar Qur'an). (d) melaksanakan pembelajaran berbasis alam. (2) faktor pendukung dan penghambat dalam meningkatkan motivasi belajar Qur’an Hadits. (a) faktor pendukung diantaranya: 1) adanya pelatihan Bimbingan Teknis (Bimtek). 2) tingginya perhatian dan komitmen guru dalam meningkatkan motivasi belajar. (b) faktor penghambat dalam meningkatkan motivasi belajar Qur’an Hadits adalah 1) kurangnya fasilitas yang memadai. 2) kurangnya perhatian orang tua.
Item Type: | Karya Ilmiah (Other) |
---|---|
Pembimbing: | Drs. Mujahidun, M.Pd dan Istania Widayati, M.Pd.I |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc L Education > LB Theory and practice of education |
Depositing User: | Atin Istiarni |
Date Deposited: | 20 Oct 2022 01:58 |
Last Modified: | 20 Oct 2022 01:58 |
URI: | http://eprintslib.ummgl.ac.id/id/eprint/3787 |
Actions (login required)
View Item |