Suyoko, Suyoko (2022) Efektivitas Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Aplikasi Andoid Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Mata Pelajaran Tarikh Siswa Kelas X SMK Muhammadiyah Sawangan. Skripsi. Magelang: Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Magelang, 2022. Other thesis, Universitas Muhammadiyah Magelang.
|
PDF
18.0401.0033_COVER_BAB I_BAB II_BAB III_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (827kB) | Preview |
|
PDF
18.0401.0033_COVER_BAB IV - Suyoko yoko.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (256kB) |
||
PDF
18.0401.0033_FULL TEXT - Suyoko yoko.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (5MB) |
||
PDF
18.0401.0033_COVER_LAMPIRAN - Suyoko yoko.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (3MB) |
||
PDF
18.0401.0033_COVER_PERNYATAAN UNGGAH - Suyoko yoko.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (59kB) |
Abstract
Penggunaan media pembelajaran bebasis android dalam pembelajaran Tarikh atau Sejarah Kebudayaan Islam perlu di uji efektivitasnya dalam meningkatkan hasil belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahuii apakah ada perbedaan hasil belajar pada mata pelajaran Tarikh kelas X SMK antara siswa kelas kontrol yang yang menggunakan model pembelajaran konvensional dan berpusat pada guru dengan siswa kelas eksperimen yang menggunakan model pembelajaran inovatif dengan bantuan media pembelajaran bebasis aplikasi android yaitu TarikXapp.apk. Penelitian bertujuan untuk mengetahuii seberapa efektif penggunaan aplikasi TarikhX.app dalam pembelajaran. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Quasi-Experimental Designs dengan jenis rancangan penelitian yang digunakan adalah Nonrandomized Control Group Pretest-Postest Designs. Teknik pengumpulan data menggunakan test hasil belajar siswa. Teknik analisis data yng digunakan adalah uji T dan uji N-Gain score. Hasil penelitian dengan uji T menunjukan nilai Sig. (0,002) < 0,05 maka Ho ditolak dan Ha diterima sehingga dapat disimpulkan ada perbedaan rata-rata hasil belajar siswa kelas eksperimen dan kontrol. Sementara hasil uji N-Gain Score menunjukan rata-rata nilai N-gain score siswa kelas eksperimen adalah 0,59 dan termasuk dalam klasifikasi interpertasi N-Gain sedang karena nilai g adalah 0,59. Itu berarti tingkat efektivitas penggunaan media pembelajaran berbasis android terhadap peningkatan hasil belajara siswa mata pelajaran Tarikh adalah sedang. Sementara dalam bentuk persen rata-rata hasil uji N-Gain score kelas eksperimen (menggunakan media pembelajaran berbasis android) adalah sebesar 59% termasuk dalam katagori cukup efektif. Maka dapat disimpulkan bahwa penggunaan media pembelajaran berbasis android cukup efektif dalam meningkatkan hasil belajar mata pelajaran Tarikh siswa kelas X SMK Muhammadiayah Sawangan.
Item Type: | Karya Ilmiah (Other) |
---|---|
Pembimbing: | M. Tohirin, M.Ag dan Subur, M.S.I |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc L Education > LB Theory and practice of education |
Depositing User: | Atin Istiarni |
Date Deposited: | 20 Oct 2022 01:58 |
Last Modified: | 20 Oct 2022 01:58 |
URI: | http://eprintslib.ummgl.ac.id/id/eprint/3786 |
Actions (login required)
View Item |