Nizam, Muhammad (2022) Internalisasi Pendidikan Karakter Melalui Pendekatan Religius Pada Anak di Sentra Antasena Magelang. Magelang: Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Magelang, 2022. Other thesis, Universitas Muhammadiyah Magelang.
|
PDF
18.0401.0029_COVER_BAB I_BAB II_BAB III_BAB V_DAFTAR PUSTAKA - Ayuk Windarti.pdf - Published Version Download (389kB) | Preview |
|
PDF
18.0401.0029_COVER_BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (382kB) |
||
PDF
18.0401.00029_FULLTEXT - Ayuk Windarti.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (3MB) |
||
PDF
18.0401.0029_COVER_LAMPIRAN - Ayuk Windarti.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (1MB) |
||
PDF
18.0401.0029_COVER_PERNYATAAN UNGGAH REPOSITORY - Ayuk Windarti.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (160kB) |
Abstract
Sekelompok anak-anak yang bermasalah dengan hukum pidana yang dikategorikan sebagai remajamulai umur 13 tahun hingga 18 tahunakan diserahkan atau dititipkan di lembaga yang berupaya menangani anak yang berhadapan dengan hukum yang disebut lembaga rehabilitasi Sentra Antasena di Magelang.Dalam Balai Rehabilitas tersebut, anak akan mendapatkan pembinaan untuk memperbaiki karakter atau perilakunya melalui sebuah proses sehingga menjadi anak yang berkarakter baik. Tujuan penelitian ini adalah (1) Mendeskripsikan perencanaan internalisasi pendididkan karakter melalui pendekatan religius pada Anak Berhadapan Hukum (ABH).(2) Mendeskripsikan proses pelaksanaan internalisasi pendidikan karakter yang dilakukan oleh pembimbing Agama Islam pada Anak Berhadapan Hukum (ABH). (3) Mendeskripsikan hasil dari internalisasi pendidikan karakter yang tampak pada Anak Berhadapan Hukum (ABH). Peneliti menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif kualitatif. Lokasi penelitian ini dilakukan di Lembaga Rehabilitasi Sentra Antasena Magelang.Informan dalam penelitian ini adalah Guru pembimbing Agama Islam, kepala pelaksana dan Anak Berhadapan Hukum (ABH).Teknik pengumpulan data menggunakan (1) observasi (2) wawancara terstruktur dan tidak terstruktur (3) dokumentasi. Untuk menganalisis data penulis menggunakan analisis deskriptif kualitatif. Adapun hasil penelitian yang peneliti temukan adalah: (1) Perencanaan internalisasi pendididkan karakter dengan cara guru pembimbing merencanakan intervensi terapi atau bimbingan keagamaan terhadap anak. (2) Proses pelaksanaan internalisasi pendidikan karakter yang dilakukan oleh pembimbing Agama Islam dapat diterima anak sebesar 80%. Anak yang tidak menerima sebesar 20% dengan alasan tidak memiliki motivasi instrinsik, krisis pemahaman nilai-nilai keagamaan, dan labil emosi karena candu. (3) Hasil dari proses internalisasi pendidikan karakterdapat menumbuhkan 4 karakter anak yang meliputi jujur, disiplin, tanggung jawab, bermoral/berakhlak
Item Type: | Karya Ilmiah (Other) |
---|---|
Pembimbing: | Dra. Kanthi Pamungkas Sari, M.Pd. dan Afga Sidiq Rifai, M.Pd.I |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc L Education > LB Theory and practice of education |
Depositing User: | Atin Istiarni |
Date Deposited: | 20 Oct 2022 01:57 |
Last Modified: | 20 Oct 2022 01:57 |
URI: | http://eprintslib.ummgl.ac.id/id/eprint/3785 |
Actions (login required)
View Item |