Nopriyanto, Muhammad (2022) Implementasi Model Pembelajaran Blended Learning Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di SD Negeri Pasuruhan 2 Magelang. Skripsi. Magelang: Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Magelang, 2022. Other thesis, Universitas Muhammadiyah Magelang.
|
PDF
16.0401.0010_COVER_BAB I_BAB II_BAB III_BAB V_DAFTAR PUSTAKA - Muhammad Nopriyanto.pdf - Published Version Download (910kB) | Preview |
|
PDF
16.0401.0010_COVER_BAB IV - Muhammad Nopriyanto.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (1MB) |
||
PDF
16.0401.0010_FULL TEXT - Muhammad Nopriyanto.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (7MB) |
||
PDF
16.0401.0010_COVER_LAMPIRAN - Muhammad Nopriyanto.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (5MB) |
||
PDF
16.0401.0010_PERNYATAAN UNGGAH REPOSITORY - Muhammad Nopriyanto.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (372kB) |
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi karena adanya pandemi covid-19 yang mengakibatkan terjadinya perubahan pada model pembelajaran, yaitu pembelajaran dengan model kombinasi di dalamnya atau disebut blended learning. Salah satu sekolah yang menerapkan model pembelajaran ini adalah SD Negeri Pasuruhan 2 Magelang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi, kendala, dan pendukung model pembelajaran blended learning mata pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) khususnya untuk kelas 5. Informan dalam penelitian ini adalah kepala sekolah, penannggung jawab kurikulum, guru PAI, wali murid, dan peserta didik. Penelitian ini menggunakan metode pendekatan kualitatif jenis studi kasus. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Uji keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan teknik. Analisis data yang digunakan adalah model Miles dan Huberman yaitu pengumpulan data, reduksi, display data (sajian data), analisis data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa (1) implementasi model pembelajaran blended learning mata pelajaran PAI dilaksanakan dengan tiga tahapan yaitu perencanaan dengan menyiapkan perangkat pembelajaran seperti program tahunan (prota), program semester (promes), silabus, Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), hingga Lembar Kerja Siswa (LKS). Kemudian dilanjutkan dengan pelaksanaan yang dilakukan secara daring dan luring, dan evaluasi atau penilaian berupa penilaian sikap, pengetahuan, maupun keterampilan. (2) faktor pendukung dan penghambat implementasi model pembelajaran blended learning mata pelajaran PAI di SD Negeri Pasuruhan 2 Magelang yaitu adanya sarana dan prasarana yang mendukung terlaksananya proses pembelajaran blended learning. Selain itu, terdapat kerjasama antara kepala sekolah, penanggung jawab kurikulum, dan guru PAI demi tercapainya tujuan pembelajaran di tengah situasi pandemi covid-19 saat ini. Selanjutnya untuk faktor penghambatnya adalah sinyal internet yang buruk, peserta didik lebih sulit dalam memahami materi, wali murid yang tidak bisa mendampingi anaknya belajar di rumah setiap saat, keterbatasan waktu dalam pembelajaran, peserta didik kurang dalam menerapkan protokol kesehatan di sekolah, dan seringnya keterlambatan pengumpulan tugas oleh peserta didik.
Item Type: | Karya Ilmiah (Other) |
---|---|
Pembimbing: | Dra. Kanthi Pamungkas Sari, M.Pd. dan Subur, S.Pd.I, M.S.I |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc L Education > LB Theory and practice of education |
Depositing User: | Atin Istiarni |
Date Deposited: | 20 Oct 2022 01:57 |
Last Modified: | 20 Oct 2022 01:57 |
URI: | http://eprintslib.ummgl.ac.id/id/eprint/3783 |
Actions (login required)
View Item |