Pengaruh Kreativitas Guru dalam Pembelajaran Daring Terhadap Minat Belajar dan Prestasi Siswa (Studi Pada Mata Pelajaran Aqidah Akhlak Kelas X SMK Muhammadiyah Kota Magelang). Skripsi. Magelang: Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Magelang, 2022

Armita, Delliya Fatma (2022) Pengaruh Kreativitas Guru dalam Pembelajaran Daring Terhadap Minat Belajar dan Prestasi Siswa (Studi Pada Mata Pelajaran Aqidah Akhlak Kelas X SMK Muhammadiyah Kota Magelang). Skripsi. Magelang: Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Magelang, 2022. Other thesis, Universitas Muhammadiyah Magelang.

[img]
Preview
PDF
18.0401.0045_BAB I_BAB II_BAB III_BAB V_DAFTAR PUSTAKA - Delliya Fatma Armita.pdf - Published Version

Download (970kB) | Preview
[img] PDF
18.0401.0045_BAB IV - Delliya Fatma Armita.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (261kB)
[img] PDF
18.0401.0045_FULL TEXT - Delliya Fatma Armita.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] PDF
18.0401.0045_LAMPIRAN - Delliya Fatma Armita.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] PDF
18.0401.0045_UNGGAH REPOSITORY - Delliya Fatma Armita.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (139kB)

Abstract

Dalam pelaksanaan pendidikan tujuan pokoknya adalah membantu peserta didik memahami sebuah ilmu atau materi yang diajarkan. Kunci dari keberhasilan kegiatan belajar mengajar adalah kemampuan guru dalam mengendalikan kelas dan bagaimana perasaan peserta didik dalam mengikuti pembelajaran. Ketika peserta didik merasa senang maka dapat menunjang peserta didik untuk bisa menyerap materi secara maksimal. Perasaan peserta didik yang demikian diketahui sebagai minat belajar. Supaya peserta didik antusias mengikuti pembelajaran, dalam hal ini sangat diperlukan kreativitas seorang guru saat mengajar sehingga peserta didik tidak jenuh dan bosan. Kreativitas guru dalam mengajar sangat diperlukan supaya media dan metode pembelajaran yang digunakan dapat beragam. Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh kreativitas guru dalam pembelajaran daring terhadap minat belajar dan prestasi siswa yang difokuskan pada siswa kelas X yang dilaksanakan di SMK Muhammadiyah Kota Magelang. Jenis penelitian yang dipilih oleh peneliti adalah penelitian survey yang termasuk dalam metode kuantitatif. Penelitian ini menggunakan uji analisis regresi sederhana untuk mengetahui berapa persen pengaruh variabel independen terhadap variabel dependen. Hasil penelitian yang didapatkan adalah (1) Pengaruh kreativitas guru dalam pembelajaran daring terhadap minat belajar siswa pada mata pelajaran aqidah akhlak kelas X SMK Muhammadiyah Kota Magelang memiliki nilai pengaruh sebesar 18,7%. (2) Pengaruh kreativitas guru dalam pembelajaran daring terhadap prestasi siswa pada mata pelajaran aqidah akhlak kelas X SMK Muhammadiyah Kota Magelang memiliki nilai pengaruh sebesar 16,7%. Dari hipotesis yang dipaparkan dalam penelitian ini maka hasil penelitian yang didapatkan adalah diterimanya keputusan Ha3 bahwa adanya pengaruh kreativitas guru dalam pembelajaran daring terhadap minat belajar dan pengaruh kreativitas guru dalam pembelajaran daring terhadap prestasi siswa.

Item Type: Karya Ilmiah (Other)
Pembimbing: M. Tohirin, M. Ag dan Subur, M.S.I
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
L Education > LB Theory and practice of education
Depositing User: Atin Istiarni
Date Deposited: 20 Oct 2022 01:56
Last Modified: 20 Oct 2022 01:56
URI: http://eprintslib.ummgl.ac.id/id/eprint/3782

Actions (login required)

View Item View Item