Musabikhah, Musabikhah (2022) ANALISIS KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH UNTUK MENINGKATKAN KUALITAS MANAJEMEN DI TK ABA SLEMAN KOTA KABUPATEN SLEMAN. Masters thesis, Skripsi, Universitas Muhammadiyah Magelang.
|
PDF (Tesis)
19.0406.0024_COVER-BAB I_BAB II_BAB III_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (1MB) | Preview |
|
PDF (Tesis)
19.0406.0024_COVER_BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (350kB) | Request a copy |
||
PDF (Tesis)
19.0406.0024_FULLTEXT.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (5MB) | Request a copy |
||
PDF (Tesis)
19.0406.0024_COVER_LAMPIRAN.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
||
PDF (Tesis)
19.0406.0024_COVER_PERNYATAAN UNGGAH REPOSITORY.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (391kB) | Request a copy |
Abstract
MUSABIKHAH: Analisis Kepemimpinan Kepala Sekolah Untuk Meningkatkan Kualitas Manajemen Di TK ABA Sleman Kota Kabupaten Sleman, Tesis. Magelang : Pascasarjana Universitas Muhammadiyah Magelang, 2022. Penelitian ini memiliki latar belakang bahwa sebagian besar Lembaga di masa pandemic beralih fungsi baik pengelola maupun guru sehingga peserta didik tidak terlayani. Sedangkan TK ABA Sleman Kota tetap eksis dilihat dari jumlah peserta didik tidak mengalami penurunan yang signifikan, sehingga memilih TK ABA Sleman Kota sebagai tempat penelitian. Penelitian ini bertujuan (1) mengetahui kesesuaian kepemimpinan kepala sekolah TK ABA Sleman Kota dengan teori manajemen kepemimpinan kepala sekolah. (2) Mengetahui Inovasi kompetensi guru di TK ABA Sleman Kota (3) Mengetahui program inovasi unggulan di TK ABA Sleman Kota. Pendekatan penelitian kualitatif, dengan jenis penelitian studi kasus. Data dari data primer dan sekunder. Teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis data terdiri dari 3 (tiga) bagian, yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Adapun tahapan penelitian ini adalah tahap perencanaan, pelaksanaan dan analisis data. Hasil penelitian menunjukkan (1) Peran Kepala Sekolah TK ABA Sleman Kota sudah sesuai dengan Teori Manajament Kepemimpinan dimana dalam pengelolaan sumber daya manusia kepala sekolah sudah memenuhi komponen (a) fungsi perencanaan (b) fungsi proses, (c) fungsi pelaksanaan kerja (actuating) (d) fungsi pengawasan. (2) Inovasi Pengembangan Kompetensi Guru di TK ABA Sleman Kota adalah (a) fungsi perencanaan langkah awal dalam menyusun semua tujuan dari Pendidikan, dengan cara melakukan perencanaan didalam Pengembangan sumber daya guru untuk upaya pengembangan lembaga, (b) fungsi pengorganisasian, dengan merumuskan tujuan pendidikan dengan melakukan penempatan kerja sesuai latar belakang pendidikannya dan kepala sekolah TK ABA Sleman Kota telah menjalankan fungsinya dengan menempatkan guru sesuai kompetensinya, (c) fungsi pengarahan, adalah langkah dilakukan kepala sekolah TK ABA Sleman Kota supaya guru-guru melaksanakan tugasnya sesuai peraturan yang telah dibuat, (d) fungsi pengawasan, Untuk pengawasan dalam membina sumber daya guru, kepala TK ABA Sleman Kota melakukannya dengan mengawasi langsung proses pembelajaran, melalui kunjungan kelas. (3) Manajemen Program unggulan Pembelajaran Berbasis Budaya adalah: (a) fungsi perencanaan. Perencanaan Program ini melibatkan Tim Pengembang Kurikulum (TPK), yang terdiri dari unsur kepala TK, ketua komite, guru, wali peserta didik, dan elemen lain yang berkepentingan, (b) fungsi pengorganisasian. Pengorganisasian Program Pembelajaran Berbasis Budaya di TK ABA Sleman Kota merupakan pembagian personil sesuai dengan kompetensi serta tugas, pokok, dan fungsinya, (c) fungsi pelaksanaan, (d) Fungsi monitoring dan evaluasi. Monitoring dan evaluasi, melibatkan guru, wakil kepala sekolah, komite sebagai pengendali.
Item Type: | Karya Ilmiah (Masters) |
---|---|
Pembimbing: | Dr. Nurodin Usman, Lc., MA dan Dr. Imam Mawardi, M.Ag |
Uncontrolled Keywords: | Kepemimpinan Kepala Sekolah, Inovasi, Kompetensi |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc L Education > LB Theory and practice of education |
Depositing User: | Rizki Shofak Isnaini |
Date Deposited: | 12 Oct 2022 02:24 |
Last Modified: | 12 Oct 2022 02:24 |
URI: | http://eprintslib.ummgl.ac.id/id/eprint/3771 |
Actions (login required)
View Item |