Brightera, Ray Ardhan and Masykur, Fadlurrachman (2022) PROTOTIPE MODEL SISTEM KONTROL CNG DENGAN MENGGUNAKAN ARTIFICIAL INTELLIGENT (AI). Other thesis, Skripsi, Universitas Muhammadiyah Magelang.
|
PDF (Skripsi)
(1)19.0503.0003_19.0503.0004_COVER_BAB I_BAB II_BAB III_BAB VI_DAFTAR PUSTAKA - fadhlurrachman masykur.pdf - Published Version Download (1MB) | Preview |
|
PDF (Skripsi)
(2)19.0503.0003_19.0503.0004_COVER_BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (668kB) | Request a copy |
||
PDF (Skripsi)
(6)19.0503.0003_19.0503.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
||
PDF (Skripsi)
(3)19.0503.0003_19.0503.0004_COVER_LAMPIRAN - fadhlurrachman masykur.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (680kB) | Request a copy |
||
PDF (Skripsi)
(4)19.0503.0003_19.0503.0004_COVER_PERNYATAAN TIDAK UNGGAH REPOSITORI - fadhlurrachman masykur.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (457kB) | Request a copy |
Abstract
Beberapa tahun terakhir ini terdapat upaya berkelanjutan untuk mengurangi konsumsi bahan bakar serta emisi mesin kendaraan yang disebabkan oleh pengaruh lingkungan yang serius serta kurangnya bahan bakar fosil. Disamping itu kecenderungan kepemilikan kendaraan saat ini terus mengalami peningkatan. Compressed Natural Gas (CNG) merupakan energi alternative yang memiliki harga terjangkau, menghasilkan emisi lebih baik. Pengembangan sistem kontrol AI (Artificial Intelligence) memiliki potensi besar untuk meningkatkan penghematan CNG sebagai bahan bakar. Sistem kontrol yang dirancang bekerja berdasarkan beberapa varibel diantaranya variabel kemiringan jalan, putaran mesin, aliran CNG dan AI. Hasil dari penelitian ini pada saat kondisi jalan datar AFR sekitar 17,8. Sedangkan pada saat sensor kemiringan bekerja pada kondisi sudut jalan turun >5˚ maka AFR yang dihasilkan meningkat sekitar 27,5 dengan kondisi tekanan bahan bakar 180 bar. Tekanan bahan bakar 98 bar pada kondisi jalan datar menghasilkan AFR 24,2. Dengan kondisi sudut jalan turun >5˚ menghasilkan AFR 29,9. Penelitian yang telah dilakukan berhasil mengalami penghematan 25% saat tekanan bahan bakar 180 bar, sedangkan bahan bakar bertekanan 98 bar menghasilkan penghematan 4%.
Item Type: | Karya Ilmiah (Other) |
---|---|
Pembimbing: | Suroto Munahar dan Ilham Habibi |
Uncontrolled Keywords: | CNG, Artificial intelligence, Penghematan bahan bakar, AFR, Flowrate |
Subjects: | T Technology > T Technology (General) T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General) T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery |
Depositing User: | Sulistya Nur Ginanjar, SIP. |
Date Deposited: | 12 Oct 2022 02:21 |
Last Modified: | 12 Oct 2022 02:21 |
URI: | http://eprintslib.ummgl.ac.id/id/eprint/3769 |
Actions (login required)
View Item |