PENGARUH SERTIFIKASI DAN MOTIVASI KERJA TERHADAP KINERJA GURU PADA LEMBAGA TAMAN KANAK-KANAK ISLAM DI KAPANEWON MLATI KABUPATEN SLEMAN YOGYAKARTA

Nurhidayati, Siti (2022) PENGARUH SERTIFIKASI DAN MOTIVASI KERJA TERHADAP KINERJA GURU PADA LEMBAGA TAMAN KANAK-KANAK ISLAM DI KAPANEWON MLATI KABUPATEN SLEMAN YOGYAKARTA. Masters thesis, Skripsi, Universitas Muhammadiyah Magelang.

[img]
Preview
PDF (Tesis)
19.0406.0016_COVER_BAB I_BAB II_BAB III_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (622kB) | Preview
[img] PDF (Tesis)
19.0406.0016_COVER_BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (299kB) | Request a copy
[img] PDF (Tesis)
19.0406.0016_FULLTEXT.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[img] PDF (Tesis)
19.0406.0016_COVER_LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] PDF (Tesis)
19.0406.0016_COVER_PERNYATAAN UNGGAH REPOSITORY.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (77kB) | Request a copy

Abstract

SITI NURHIDAYATI: Pengaruh Sertifikasi dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Guru TK Islam di Kapanewon Mlati, Sleman, Yogyakarta. Tesis. Magelang: Pascasarjana Universitas Muhammadiyah Magelang, 2022. Permasalahan pada penelitian ini adalah apakah ada pengaruh sertifikasi dan motivasi kerja terhadap kinerja guru TK Islam di Kapanewon Mlati, Sleman, Yogyakarta. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pengaruh sertifikasi dan motivasi kerja terhadap kinerja guru TK Islam di Kapanewon Mlati, Sleman, Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif diskriptif, penelitian dilakukan di TK Islam yang berada di Kapanewon Mlati, Sleman, Yogyakarta dengan jumlah sampel 47 guru. Tehnik pengumpulan data dengan menggunakan 3 jenis instrumen, yaitu instrument sertifikasi dengan 63,8% responden masuk kategori guru bersertifikasi, lebih banyak 27,6% dari pada guru yang belum sertifikasi. Instrumen motivasi kerja dengan nilai rata-rata 103,02 dan interval kategori sangat baik (99 – 120). Sedangkan instrumen kinerja guru dengan rata-rata 113,66 dan interval kategori sangat baik sebesar (78 – 120). Untuk analisis regresi ganda hasil penelitian, guru tidak bersertifikasi dan guru bersertifikasi tidak mempunyai perbedaan pengaruh terhadap kinerja guru dengan nilai rata-rata perbedaan 0,941. Ada pengaruh yang positif dan signifikan motivasi kerja terhadap kinerja guru TK Islam di Kapanewon Mlati, Sleman, Yogyakarta, dengan nilai signifikansi Sig = 0,007 < α = 0,05, sedangkan besarnya sumbangan efektif motivasi kerja terhadap kinerja guru sebesar 53,144%. Sertifikasi guru, dan motivasi kerja guru memiliki pengaruh terhadap kinerja guru TK Islam di Kapanewon Mlati, Sleman, Yogyakarta, dengan nilai signifikansi dalam uji F sebesar 0,000 artinya Sig.0,000 < 0,05, yang artinya sertifikasi dan motivasi kerja secara bersama-sama (simultan) berpengaruh terhadap kinerja guru dengan koefisien determinasi sebesar 53,6%.

Item Type: Karya Ilmiah (Masters)
Pembimbing: Dr. Nurodin Usman, Lc., MA dan Dr. Imron, MA,
Uncontrolled Keywords: Sertifikasi, Motivasi, Kinerja Guru.
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
L Education > LB Theory and practice of education
Depositing User: Rizki Shofak Isnaini
Date Deposited: 12 Oct 2022 02:19
Last Modified: 12 Oct 2022 02:19
URI: http://eprintslib.ummgl.ac.id/id/eprint/3767

Actions (login required)

View Item View Item