PENGARUH SPIRITUALITAS DAN PELATIHAN TERHADAP KINERJA MELALUI RESILIENSI PADA GURU ROUDLOTUL ATHFAL (RA) DI KABUPATEN SLEMAN

Darojat, Zamzami Uliwiyati (2022) PENGARUH SPIRITUALITAS DAN PELATIHAN TERHADAP KINERJA MELALUI RESILIENSI PADA GURU ROUDLOTUL ATHFAL (RA) DI KABUPATEN SLEMAN. Masters thesis, Skripsi, Universitas Muhammadiyah Magelang.

[img]
Preview
PDF (Tesis)
19.0406.0004_COVER_BAB I_BAB II_BAB III_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (719kB) | Preview
[img] PDF (Tesis)
19.0406.0008_COVER_BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (635kB) | Request a copy
[img] PDF (Tesis)
19.-406.0008_Fulltex.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy
[img] PDF (Tesis)
19.0406.0008_COVER_LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy
[img] PDF (Tesis)
19.0406.0008_COVER_LEMBAR PERSETUJUAN UNGGAH RESIPOSITORY.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (249kB) | Request a copy

Abstract

ZAMZAMI ULWIYATI DAROJAD: Pengaruh Spiritualitas dan Pelatihan Terhadap Kinerja Melalui Resiliensi (Penelitan Pada Guru Roudlotul Athfal (RA) di Kabupaten Sleman. Tesis. Magelang : Pascasarjana Universitas Muhammadiyah Magelang, 2022. Penelitian ini membahas permasalahan tetang kinerja guru Roudlotul Athfal terkait kapasitas spiritual, pelatihan melalui resiliensinya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Spiritualitas Dan Pelatihan Terhadap Kinerja Melalui Resiliensi Pada Guru Roudlotul Athfal (RA) Di Kabupaten Sleman. Resiliensi dalam penelitian ini digunakan sebagai variabel intervening. Penelitian ini merupakan penelitian Ex Post Facto. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan metode angket (kuesioner). Populasi dalam penelitian ini adalah guru RA Non PNS. Sampel penelitian ini berjumlah 160 responden yang ditentukan dengan metode purposive sampling. Teknik analisis yang digunakan yaitu analisis jalur (path analysis). Hasil Penelitian menunjukkan (1) sipiritualitas guru tidak memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap kinerja guru RA di Kabupaten Sleman, terbukti dari nilai signifikansi Sig 0.037 < 0,05 yang artinya hipotesis diterima. (2) pengaruh yang positif dan signifikan terhadap kinerja guru RA di Kabupaten Sleman, terbukti dari nilai signifikansi Sig 0.032< 0,05 yang artinya hipotesis diterima (3) resiliensi guru memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap kinerja guru RA di Kabupaten Sleman, terbukti dari nilai signifikansi Sig 001 < 0,05 yang artinya hipotesis diterima. (4) spiritulitas memberikan pengaruh tidak langsung dalam meningkatkan kinerja guru melalui resiliensi hal ini dibuktikan dengan nilai koefisien regresi sebesar 0.26>0.216. Dari pengujian ini menunjukkan bahwa spiritual dan pelatihan secara bersama-sama (simultan) berpengaruh terhadap kinerja melalui resiliensi hal ini dibuktikan dengan nilai sig 0.000< 0,05. Adapun besarnya pengaruh yang diberikan adalah Nilai R squer yang diperoleh sebesar 0.567 yang menunjukkan bahwa pengaruh X1, X2 dan Z terhadap Y sebesar 0.567 = 56.7% dan sisanya 43.7% dipengaruhi oleh variable lain diluar penelitian. (5) pelatihan memberikan pengaruh tidak langsung dalam meningkatkan kinerja guru melalui resiliensi hal ini dibuktikan dengan nilai koefisien regresi sebesar 0.255>0.240. Dari pengujian ini menunjukkan bahwa spiritual dan pelatihan secara bersama-sama (simultan) berpengaruh terhadap kinerja melalui resiliensi hal ini dibuktikan dengan nilai sig 0.000< 0,05. Adapun besarnya pengaruh yang diberikan adalah Nilai R squer yang diperoleh sebesar 0.567 yang menunjukkan bahwa pengaruh X1, X2 dan Z terhadap Y sebesar 0.567 = 56.7% dan sisanya 43.7% dipengaruhi oleh variable lain diluar penelitian.

Item Type: Karya Ilmiah (Masters)
Pembimbing: Dr. Imron. MA dan Dr. Imam Muwardi, S.Ag, M.Ag
Uncontrolled Keywords: Spiritualitas, Pelatihan, Kinerja, Resiliensi
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
L Education > LB Theory and practice of education
Depositing User: Rizki Shofak Isnaini
Date Deposited: 12 Oct 2022 02:15
Last Modified: 12 Oct 2022 02:15
URI: http://eprintslib.ummgl.ac.id/id/eprint/3761

Actions (login required)

View Item View Item