PENERAPAN TEKNIK MODELING UNTUK MENGURANGI KETERLAMBATAN MASUK SEKOLAH PADA SISWA ( Penelitian pada Siswa kelas VIII SMP N 1 Tembarak Temanggung)

Rismawati, Uun (2017) PENERAPAN TEKNIK MODELING UNTUK MENGURANGI KETERLAMBATAN MASUK SEKOLAH PADA SISWA ( Penelitian pada Siswa kelas VIII SMP N 1 Tembarak Temanggung). Other thesis, Skripsi, Universitas Muhammadiyah Magelang.

[img]
Preview
PDF (Skripsi)
16.0301.0041 _ BAB I _ BAB II _ BAB III _ BAB V _ DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (501kB) | Preview
[img] PDF (Skripsi)
16.0301.0041 _ BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (162kB) | Request a copy
[img] PDF (Skripsi)
16.0301.0041 _ LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (459kB) | Request a copy
[img] PDF (Skripsi)
16.0301.0041 _ FULLTEXT.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perubahan dari penerapan teknik modeling untuk mengurangi keterlambatan masuk sekolah pada siswa. Penelitian Tindakan bimbingan konseling ( PTBK ) dengan menggunakan 3 siklus. Setiap siklus terdiri dari empat tahap, yaitu : (1) Rencana tindakan, (2) Pelaksanaan tindakan, (3) Observasi dan Refleksi, (4) Evaluasi tindakan. Subyek dalam penelitian ini adalah siswa yang memiliki kebiasaan terlambat masuk sekolah. Jumlah subyek dalam penelitian ini ada empat yaitu siswa WA, siswa GP, Siswa AG dan siswa RP. Variabel penelitian ada tiga, yaitu variabel input yaitu siswa yang memiliki indikasi memiliki frekuensi yang tinggi dalam hal ketrerlambatan masuk sekolah , variabel proses berupa pelaksanaan tindakan penerapan teknik modeling secara langsung melalui layanan bimbingan konseling, dan variabel output berupa hasil penerapan teknik modeling secara langsung dalam mengurangi frekuensi keterlambatan siswa masuk sekolah. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu metode observasi dan wawancara.Untuk mengetahui validitas data menggunakan teknik triangulasi dengan sumber. Aspek yang dijadikan indikator untuk diteliti adalah :siswa yang memiliki frekuensi keterlambatan masuk sekolah yang tinggi. Data yang diperoleh dianalisis dengan teknik analisis persentase konstan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan cara menerapkan teknik modeling melalui konseling individu pada keempat siswa melalui 3 siklus, menunjukkan hasil kearah perubahan yang lebih baik dengan angka presentase perubahan pada siswa 1 adalah 83%, siswa 2 adalah 88%, siswa 3 adalah 83% dan siswa 4 adalah 92%

Item Type: Karya Ilmiah (Other)
Pembimbing: Dra. Indiati, M. Pd, (0028036001) dan Ibu Astiwi Kurniati, S.Pd, M. Psi (0614127001)
Uncontrolled Keywords: Teknik modeling, keterlambatan masuk sekolah.
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Depositing User: Sulistya Nur Ginanjar, SIP.
Date Deposited: 22 Jul 2019 03:55
Last Modified: 22 Jul 2019 03:55
URI: http://eprintslib.ummgl.ac.id/id/eprint/376

Actions (login required)

View Item View Item