EFEKTIVITAS BIMBINGAN KELOMPOK UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN DAMPAK NEGATIF GADGET (Penelitian pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Adimulyo Kebumen)

Purwatiningsih, Henny (2017) EFEKTIVITAS BIMBINGAN KELOMPOK UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN DAMPAK NEGATIF GADGET (Penelitian pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Adimulyo Kebumen). Other thesis, Skripsi, Universitas Muhammadiyah Magelang.

[img]
Preview
PDF (Skripsi)
14.0301.0078_BAB I_BAB II_BAB III_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img] PDF (Skripsi)
14.0301.0078_BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (330kB) | Request a copy
[img] PDF (Skripsi)
14.0301.0078_LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] PDF (Skripsi)
14.0301.0078_FULLTEXT.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas bimbingan kelompok untuk meningkatkan pemahaman dampak negatif gadget pada siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Adimulyo Kebumen. Penelitian ini menggunakan One Group Pretest-Posttest Design, tanpa menggunakan kelompok pembanding atau kelompok kontrol,dengan melakukan 4 kali pertemuan , yaitu diberikan perlakuan melalui bimbingan kelompok. Subyek penelitian ini adalah 28 siswa yang memiliki pemahaman dampak negatif gadget rendah. Teknik yang digunakan purposive sampling. Ada dua variabel yang digunakan dalam penelitian ini yaitu variabel terikat yang berupa bimbingan kelompok dan variabel bebas yang berupa pemahaman dampak negatif gadget. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah angket. Teknik analisis data menggunakan program SPSS For Windows versi 16.00 yaitu dengan analisis statistik Paired T-Test. Kesimpulan hasil penelitian ini menunjukkan bahwa layanan bimbingan kelompok efektif untuk meningkatkan pemahaman dampak negatif gadget ditunjukkan dari hasil analisis Paired T-Test sebesar 0,000. Sehingga pengajuan hipotesis diterima jika taraf signifikan nilai probabilitas kurang dari 0,05. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa layanan bimbingan kelompok efektif untuk meningkatkan pemahaman dampak negatif gadget di SMP Negeri 1 Adimulyo Kebumen.

Item Type: Karya Ilmiah (Other)
Pembimbing: Dra. Indiati, M.Pd (0028036001) dan Sugiyadi M.Pd, Kons., (0627057501)
Uncontrolled Keywords: Bimbingan Kelompok, Pemahaman Dampak Negatif Gadget
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Depositing User: Sulistya Nur Ginanjar, SIP.
Date Deposited: 22 Jul 2019 03:53
Last Modified: 22 Jul 2019 03:53
URI: http://eprintslib.ummgl.ac.id/id/eprint/374

Actions (login required)

View Item View Item