ANALISIS KOMPETENSI GURU DALAM PEMBELAJARAN DARING PADA MASA PANDEMIK COVID-19 DI MI NURUL YAQIN PODOSOKO CANDIMULYO

Nurrahman, Rida (2022) ANALISIS KOMPETENSI GURU DALAM PEMBELAJARAN DARING PADA MASA PANDEMIK COVID-19 DI MI NURUL YAQIN PODOSOKO CANDIMULYO. Other thesis, Skripsi, Universitas Muhammadiyah Magelang.

[img]
Preview
PDF (Skripsi)
16.0405.0001_COVER_BAB I_BAB II_BAB III_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img] PDF (Skripsi)
16.0405.0001_BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (551kB) | Request a copy
[img] PDF (Skripsi)
16.0405.0001_FULLTEXT.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy
[img] PDF
16.0405.0001_LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy
[img] PDF (Skripsi)
16.0405.0001_PERNYATAAN PUBLIKASI.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (104kB) | Request a copy

Abstract

Rida Nurachman. Analisis Kompetensi Guru Dalam Pembelajaran Daring Pada Masa Pandemik Covid-19 di MI Nurul Yaqin Podosoko Candimulyo. Magelang.FAI. 2022. Penelitian ini bertujuan untuk 1) mengetahui kompetensi guru dalam pelaksanaan pembelajaran, 2) mengetahui faktor apa saja yang mendukung dan menghambat pembelajaran daring. Penelitian ini termasuk penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Subjek penelitian yaitu guru dan peserta didik. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara dan observasi. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Triangulasi yang dipergunakan adalah triangulasi teknik. Hasil penelitian tersebut menunjukkan bahwa Seluruh kompetensi guru di MI Nurul Yaqin telah terlaksana dengan baik. Kompetensi pedagogik guru dilaksanakan dengan berusaha memahami materi dan penggunaan media online untuk memenuhi kebutuhan siswa. Kompetensi kepribadian guru dilaksanakan dengan menjaga norma, karakter, dan pemberian contoh yang baik selama pembelajaran daring. Kompetensi sosial dilaksanakan dengan menjaga hubungan kerja sama antara guru, siswa, dan orang tua siswa. Serta kompetensi profesional guru dilaksanakan dengan melaksanakan pekerjaan sesuai dengan standar yang telah ditentukan. Faktor pendukung pembelajaran daring di MI Nurul Yaqin selama penelitian ada 2 yaitu adanya kerja sama yang baik antara guru dan orang tua untuk mempermudah pendampingan siswa di rumah. Faktor pendukung yang kedua adalah pemanfaatan media dan gawai untuk menghilangkan jarak antara guru dan murid selama pembelajaran sehingga dapat terlaksana secara maksimal. Sedangkan faktor penghambat yang pertama adalah adanya biaya tambahan untuk membeli paket internet yang menjadi keberatan bagi beberapa siswa. Faktor penghambat yang kedua adalah beberapa siswa yang tidak memiliki gawai menjadi kesulitan tersendiri bagi mereka untuk mengikuti pembelajaran online atau daring.

Item Type: Karya Ilmiah (Other)
Pembimbing: Dra. Kanthi Pamungkas Sari, M.Pd. dan Irham Nugroho, M.Pd.I.,
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Depositing User: Rizki Shofak Isnaini
Date Deposited: 12 Oct 2022 01:57
Last Modified: 12 Oct 2022 01:57
URI: http://eprintslib.ummgl.ac.id/id/eprint/3736

Actions (login required)

View Item View Item