PENGARUH KONSELING KELOMPOK DENGAN TEKNIK SELF-MANAGEMENT UNTUK MENGURANGI NOMOPHOBIA PADA SISWA (Penelitian pada Siswa Kelas VIII C SMP Negeri 11 Magelang T.A. 2016/2017)

Zuliyana, Ika (2017) PENGARUH KONSELING KELOMPOK DENGAN TEKNIK SELF-MANAGEMENT UNTUK MENGURANGI NOMOPHOBIA PADA SISWA (Penelitian pada Siswa Kelas VIII C SMP Negeri 11 Magelang T.A. 2016/2017). Other thesis, Skripsi, Universitas Muhammadiyah Magelang.

[img]
Preview
PDF (Skripsi)
13.0301.0059 _ BAB I _ BAB II _ BAB III _ BAB V _ DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (549kB) | Preview
[img] PDF (Skripsi)
13.0301.0059 _ BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (204kB) | Request a copy
[img] PDF (Skripsi)
13.0301.0059 _ LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[img] PDF (Skripsi)
13.0301.0059 _ FULLTEXT.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (8MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan menguji pengaruh konseling kelompok dengan teknik self-management untuk mengurangi nomophobia pada siswa. Penelitian dilakukan pada siswa kelas VIII C SMP Negeri 11 Magelang T.A. 2016/2017. Penelitian ini menggunakan pretest-posttest control group design dengan satu perlakuan. Sampel yang diambil sebanyak 16 siswa, 8 siswa masuk dalam kelompok eksperimen yaitu kelompok yang diberikan perlakuan (konseling kelompok dengan strategi teknik self-management) dan 8 siswa masuk dalam kelompok kontrol yaitu kelompok yang tidak diberikan perlakuan. Pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Pengumpulan data menggunakan metode kuesioner. Teknik analisis data menggunakan analisis non parametrik Wilcoxon Signed Rank Test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa konseling kelompok dengan teknik self-management berpengaruh terhadap penurunan tingkat nomophobia pada siswa. Hal ini dibuktikan dengan adanya perbedaan penurunan skor skala nomophobia antara kelompok eksperimen dengan kelompok kontrol, dimana penurunan skor kelompok eksperimen lebih tinggi dibandingkan kelompok kontrol. Hal ini membuktikan bahwa ada pengaruh konseling kelompok dengan teknik self-management untuk mengurangi nomophobia pada siswa kelas VIII C SMP Negeri 11 Magelang T.A. 2016/2017.

Item Type: Karya Ilmiah (Other)
Pembimbing: Dr. Riana Mashar, M.Si., Psi. (0614107401) dan Dewi Lianasari, M.Pd. (0626058702)
Uncontrolled Keywords: konseling kelompok, teknik self-management, nomophobia
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Depositing User: Sulistya Nur Ginanjar, SIP.
Date Deposited: 22 Jul 2019 03:53
Last Modified: 22 Jul 2019 03:53
URI: http://eprintslib.ummgl.ac.id/id/eprint/373

Actions (login required)

View Item View Item