PENGARUH BIMBINGAN KELOMPOK MODEL BEHAVIORISTIK DENGAN TEKNI ROLE PLAYING TERHADAP PENINGKATAN PEMAHAMAN KESANTUNAN BERBAHASA (Penelitian pada Siswa Kelas XI Tata Busana SMK Muhammadiyah 1 Borobudur)

Ulfa, Siti Maria (2017) PENGARUH BIMBINGAN KELOMPOK MODEL BEHAVIORISTIK DENGAN TEKNI ROLE PLAYING TERHADAP PENINGKATAN PEMAHAMAN KESANTUNAN BERBAHASA (Penelitian pada Siswa Kelas XI Tata Busana SMK Muhammadiyah 1 Borobudur). Other thesis, Skripsi, Universitas Muhammadiyah Magelang.

[img]
Preview
PDF (Skripsi)
13.0301.0041 _ BAB I _ BAB II _ BAB III _ BAB V _ DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (431kB) | Preview
[img] PDF (Skripsi)
13.0301.0041 _ BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (166kB) | Request a copy
[img] PDF (Skripsi)
13.0301.0041 _ LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] PDF (Skripsi)
13.0301.0041 _ FULLTEXT.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh bimbingan kelompok model behavioristik dengan teknik role playing terhadap peningkatan pemahaman kesantunan berbahasa. Penelitian dilakukan pada siswa kelas XI Tata Busana SMK Muhammadiyah 1 Borobudur. Penelitian ini menggunakan pretest-posttest control group design dengan satu perlakuan. Sampel yang diambil sebanyak 20 siswa, 10 siswa masuk dalam kelompok eksperimen yaitu kelompok yang diberikan perlakuan (bimbingan kelompok model behavioristik dengan teknik role playing) dan 10 siswa masuk dalam kelompok kontrol yaitu kelompok yang tidak diberikan perlakuan (bimbingan kelompok model behavioristik). Pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Pengumpulan data menggunakan metode kuesioner. Teknik analisis data menggunakan analisis parametrik One Way Anova. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bimbingan kelompok model behavioristik dengan teknik role playing berpengaruh terhadap peningkatan pemahaman kesantunan berbahasa. Hal ini dibuktikan dengan adanya perbedaan peningkatan skor angket kesantunan berbahasa antara kelompok eksperimen dengan kelompok kontrol, dimana peningkatan pemahaman kelompok eksperimen lebih tinggi yaitu (11%) dibandingkan kelompok kontrol (-1%). Selain itu peningkatan pemahaman kesantunan berbahasa siswa ditandai dengan perbedaan aspek dan indikator dari kesantunan berbahasa.

Item Type: Karya Ilmiah (Other)
Pembimbing: Prof. Dr. Muhammad Japar, M.Si., Kons. (0012096606) dan Dewi Lianasari, M.Pd (0626058702)
Uncontrolled Keywords: bimbingan kelompok, teknik role playing, kesantunan berbahasa
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Depositing User: Sulistya Nur Ginanjar, SIP.
Date Deposited: 22 Jul 2019 03:51
Last Modified: 22 Jul 2019 03:51
URI: http://eprintslib.ummgl.ac.id/id/eprint/372

Actions (login required)

View Item View Item