PENGARUH KONSELING KELOMPOK DENGAN TEKNIK ASSERTIVE TRAINING UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN SOSIAL SISWA (Penelitian Pada Siswa Kelas VIII E SMP N 1 Tembarak , Temanggung)

Iswati, Lilis (2017) PENGARUH KONSELING KELOMPOK DENGAN TEKNIK ASSERTIVE TRAINING UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN SOSIAL SISWA (Penelitian Pada Siswa Kelas VIII E SMP N 1 Tembarak , Temanggung). Other thesis, Skripsi, Universitas Muhammadiyah Magelang.

[img]
Preview
PDF (Skripsi)
13.0301.0025_BAB I_BAB II_BAB III_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (489kB) | Preview
[img] PDF (Skripsi)
13.0301.0025_BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (310kB) | Request a copy
[img] PDF (Skripsi)
13.0301.0025_LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] PDF (Skripsi)
13.0301.0025_FULLTEXT.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

dengan teknik assertive training terhadap peningkatan keterampilan sosial siswa kelas VIII E SMP N 1 Tembarak kabupaten Temanggung tahun ajaran 2016/2017 Penelitian ini menggunakan desain eksperimen pretest –posttest one group design. Subjek penelitian dipilih secara purposive sampling yaitu 10 siswa yang mengalami keterampilan sosial rendah atau sedang. Metode pengumpulan data menggunakan skala keterampilan sosial. Analisis data menggunakan statistic nonparametric dengan uji Wilcoxon Signed Rank Test dengan bantuan program SPSS Version 23 Hasil penelitian menunjukkan bahwa konseling kelompok dengan teknik assertive training berpengaruh terhadap peningkatan keterampilan sosial siswa. Hal ini dibuktikan dengan adanya peningkatan perbedaan peningkatan skor post test yang signifikan lebih tinggi dibanding dengan skor pre test sebelum diberikan konseling kelompok dengan teknik assertive training.. Rata rata peningkatan skor sebesar 23,2 atau 16,65% dan terendah sebesar 13 atau 9,15 selain itu peningkatan keterampilan sosial ditandai dengan perbedaan salah satu aspek dan indikator keterampilan sosial salah satunya adalah siswa yag semula sulit untuk mengatur emosi sekarang menjadi lebih sabar dan dapat mengelola emosinya

Item Type: Karya Ilmiah (Other)
Pembimbing: Dr. Purwati, M.Si., Kons (0002086001) dan Dra. Indiati, M.Pd (0028036001)
Uncontrolled Keywords: konseling kelompok, assertive training, keterampilan sosial
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Depositing User: Sulistya Nur Ginanjar, SIP.
Date Deposited: 22 Jul 2019 03:51
Last Modified: 22 Jul 2019 03:51
URI: http://eprintslib.ummgl.ac.id/id/eprint/370

Actions (login required)

View Item View Item