Fadilah, Umi Nasehatul (2022) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN POE (PREDICT, OBSERVE, AND EXPLAIN) BERBASIS MULTIPLE INTELLIGECE TERHADAP KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA KELAS IV SD (Penelitian pada Siswa Kelas IV SD Negeri Banaran Kecamatan Grabag Kabupaten Mageleng). Other thesis, Skripsi, Universitas Muhammadiyah Magelang.
|
PDF (Skripsi)
18.0305.0024_COVER_BAB I_BAB II_BAB III_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (751kB) | Preview |
|
PDF (Skripsi)
18.0305.0024_COVER_BAB IV - Umi Nasehatul Fadilah.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (795kB) | Request a copy |
||
PDF (Skripsi)
18.0305.0024_FULLTEXT.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (5MB) | Request a copy |
||
PDF (Skripsi)
18.0305.0024_COVER_LAMPIRAN - Umi Nasehatul Fadilah.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (4MB) | Request a copy |
||
PDF (Skripsi)
18.0305.0024_COVER_PERNYATAAN UNGGAH REPOSITORY - Umi Nasehatul Fadilah.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (173kB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran POE (Predict, Observe, and Explain) Berbasis Multiple Intelligence terhadap keterampilan proses sains siswa kelas IV SD Negeri Banaran. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian Quasy Experiment tipe One-Group Pretest-Posttest Design dengan jumlah sampel penelitian 44 siswa. Pengumpulan data menggunakan lembar observasi dan soal pretest dan posttest keterampilan proses sains. Teknik sampling yang digunakan yaitu sampling jenuh. Analisis data pada penelitian ini dibantu dengan menggunakan SPSS for Windows versi 25 guna menghitung uji validitas, reliabilitas, daya pembeda, dan tingkat kesukaran data. Uji validitas soal pretest dan posttest menggunakan korelasi Product Moment, serta reliabilitas instrumen menggunakan Cronbach;s Alpha. Teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan uji prasyarat analisis uji t dan uji hipotesis menggunakan uji independent sample t-test. Berdasarkan uji hipotesis menunjukan, terdapat pengaruh model pembelajaran POE (Predict, Observe, and Explain) berbasis Multiple Intelligence terhadap keterampilan proses sains siswa kelas IV dengan hasil 0,000 < 0,05. Berdasarkan data hasil yang telah diperoleh disimpulkan bahwa model pembelajaran POE (Predict, Observe, and Explain) berbasis Multiple Intelligence berpengaruh positif terhadap keterampilan proses sains siswa kelas IV.
Item Type: | Karya Ilmiah (Other) |
---|---|
Pembimbing: | Galih Istiningsih, M.Pd Dan Puji Rahmawati, M.Pd |
Uncontrolled Keywords: | Model Pembelajaran POE (Predict, Observe, And Explain) Berbasis Multiple Intelligence, Keterampilan Proses Sains |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Depositing User: | Sulistya Nur Ginanjar, SIP. |
Date Deposited: | 12 Oct 2022 01:21 |
Last Modified: | 19 Oct 2022 08:00 |
URI: | http://eprintslib.ummgl.ac.id/id/eprint/3686 |
Actions (login required)
View Item |