PENGARUH PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH (PBL) BERBANTUAN MOBILE POCKETBOOK DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA (Penelitian Hasil Belajar Pada Siswa Kelas III di SD Mutual 2 Kota Magelang)

Setyono, Tuhu (2022) PENGARUH PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH (PBL) BERBANTUAN MOBILE POCKETBOOK DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA (Penelitian Hasil Belajar Pada Siswa Kelas III di SD Mutual 2 Kota Magelang). Other thesis, Skripsi, Universitas Muhammadiyah Magelang.

[img]
Preview
PDF (Skripsi)
18.0305.0022_COVER_BAB I_BAB II_BAB III_BAB V_DAFTAR PUSTAKA - Tuhu Setyono.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img] PDF (Skripsi)
18.0305.0022_COVER_BAB IV - Tuhu Setyono.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (611kB) | Request a copy
[img] PDF (Skripsi)
18.0305.0022_FULLTEXT - Tuhu Setyono.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (6MB) | Request a copy
[img] PDF (Skripsi)
18.0305.0022_COVER_LAMPIRAN - Tuhu Setyono.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy
[img] PDF (Skripsi)
18.0305.0022_COVER_PERNYATAAN UNGGAH REPOSITORI - Tuhu Setyono.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (421kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan pembelajaran berbasais masalah (PBL) berbantuan mobile pocketbook dalam meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas III SD Mutual 2 Kota Megelang. Penelitian ini merupakan jenis penelitian Pre-Experimental Designs (nondesigns) dengan bentuk One-Group Pre-test-Post-test Designs melalui satu macam perlakuan. Sampel dalam penelitian ini yaitu siswa kelas III SD Muhammadiyah 2 Alternatif sejumlah 21 siswa. Metode dalam pengumpulan data yang digunakan berupa test dengan soal berbentuk pilhan ganda. Uji instrumen pada penelitian ini adalah validasi oleh ahli lapangan dan uji validasi konstruk dengan rumus korelasi Product Moment dari Carl Pearson. Sedangkan untuk uji reliabilitas menggunakan rumus dari Cornbach’s Alpha. Teknis analisis data penelitian ini terdiri dari uji normalitas dengan uji Shapiro Wilk dan uji hipotesis dengan uji Wilcoxon dengan berbantuan program komputer IBM SPSS 16.0 for windows. Hasil penelitian menunjukkan terdapat pengaruh dengan adanya penerapan pembelajaran berbasis masalah (PBL) berbantuan mobile pocketbook terhadap hasil belajar matematika siswa kelas III SD Muhammadiyah 2 Alternatif Kota Magelang. Pengaruh tersebut dapat dilihat berdasarkan hasil pre-test dan post-test dengan rata-rata 48,1 dan 83,3. Hasil uji hipotesis uji Wilcoxon diketahui signifikansi nilai Z sebesar -4.050 dengan Asymp. Sig, (2-tailed) 0,000 < 0,05. Kesimpulannya hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang positif terkait penerapan pembelajaran berbasis masalah (PBL) berbantuan mobile pocketbook terhadap hasil belajar matematika siswa kelas III SD Muhammadiyah 2 alternatif Kota Magelang.

Item Type: Karya Ilmiah (Other)
Pembimbing: Agrissto Bintang Aji Pradana, M.Pd Dan Rasidi, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran Berbasis Masalah, Mobile Pocketbook, Hasil Belajar, Matematika.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Depositing User: Sulistya Nur Ginanjar, SIP.
Date Deposited: 12 Oct 2022 01:20
Last Modified: 19 Oct 2022 08:05
URI: http://eprintslib.ummgl.ac.id/id/eprint/3685

Actions (login required)

View Item View Item