HUBUNGAN PEMBELAJARAN DARING MASA PANDEMI COVID-19 TERHADAP KARAKTER SISWA SD NEGERI BANYUWANGI 03 MAGELANG

Hidayatullah, Muchamad Safruddin (2022) HUBUNGAN PEMBELAJARAN DARING MASA PANDEMI COVID-19 TERHADAP KARAKTER SISWA SD NEGERI BANYUWANGI 03 MAGELANG. Other thesis, Universitas Muhammadiyah Magelang.

[img]
Preview
PDF (Skripsi)
16.0603.0055_COVER_BAB I_BAB II_BAB III_BAB V_DAFTAR PUSTAKA - Fuad Tri Prasetya.pdf

Download (939kB) | Preview
[img] PDF (Skripsi)
16.0603.0055_COVER_BAB IV - Fuad Tri Prasetya.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (679kB)
[img] PDF (Skripsi)
File 7.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] PDF (Skripsi)
16.0603.0055_COVER_LAMPIRAN - Fuad Tri Prasetya.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] PDF (Skripsi)
16.0603.0055_BUKTI SUMBANGAN ALUMNI - Fuad Tri Prasetya.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (376kB)

Abstract

Perkembangan sistem pendidikan saat ini mengalami perubahan akibat dampak virus COVID-19.. Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia mengeluarkan Surat Edaran Nomor 4 Tahun 2020, dalam Surat dijelaskan bahwa proses belajar dilaksanakan di rumah melalui pembelajaran daring/jarak jauh dilaksanakan untuk memberikan pengalaman belajar yang bermakna bagi siswa. Karakter sangat dibutuhkan untuk mencapai keberhasilan suatu pendidikan. Individu yang berkarakter baik adalah individu yang dapat membuat keputusan dan siap untuk mempertanggung jawabkan setiap akibat dari keputusan yang telah dibuat. Pembelajaran merupakan bagian penting dari proses Pendidikan. Tujuan : Mengetahui hubungan pembelajaran daring terhadap karakter siswa SD Metode : Jenis penelitian ini adalah deskriptif korelasi dengan pendekatan cross sectional yang pengambilan datanya mengunakan teknik total sampling dengan sampel sejumlah 62 responden. Alat pengumpulan data mengunakan kuesioner 30 soal dengan pengambilan interpretasi menggunakan kategori sangat baik, baik, cukup, dan kurang. Pengolahan data menggunakan uji spearmen. Hasil : seluruh responden sebanyak 62 (100%) responden dalam kategori 5 karakter yaitu Religius, Jujur, Tanggung jawab, Toleransi, dan Disiplin pada praktek pembelajaran daring sangat baik. Namun hubungan pembelajaran daring dengan karekater anak berdasarkan Uji korlasi spearmen didapatkan hasil nilai p value > 0.05 Ho ditolak. Pembelajaran secara daring tanpa pendampingan sulit untuk mengembangkan karakter anak. Mengingat bahwa karakter merupakan proses transformasi nilai-nilai yang diajarkan guru ke anak didiknya maka pran guru sangat menentukan dalam pembentukan karekter anak. Kesimpulan : pembelajaran daring tidak membangun karakter anak SD atau Tidak terdapat hubungan karakter siswa anak SD terhadap pembelajaran daring. Kekuatan hubungan terhadap karakter dalam kategori lemah (< 0.25) namun arah hubungan positif

Item Type: Karya Ilmiah (Other)
Pembimbing: Ns. Sigit Priyanto, M.Kep, dan Ns. M. Khoirul Amin, M.Kep, Sp. Kep. J
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran Daring, Masa Pandemic Covid 19, Karakter Sisiwa
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Depositing User: Atin Istiarni
Date Deposited: 12 Oct 2022 01:20
Last Modified: 12 Oct 2022 01:20
URI: http://eprintslib.ummgl.ac.id/id/eprint/3684

Actions (login required)

View Item View Item