ANALISIS KARAKTER DISIPLIN DAN TANGGUNG JAWAB SISWA PADA PEMBELAJARAN TATAP MUKA PASCA PANDEMI DI SD NEGERI GIRIREJO

Yulianingrum, Titrin (2022) ANALISIS KARAKTER DISIPLIN DAN TANGGUNG JAWAB SISWA PADA PEMBELAJARAN TATAP MUKA PASCA PANDEMI DI SD NEGERI GIRIREJO. Other thesis, Skripsi, Universitas Muhammadiyah Magelang.

[img]
Preview
PDF (Skripsi)
18.0305.0102_COVER_BAB I_BAB II_BAB III_BAB V_DAFTAR PUSTAKA - Titrin Yulianingrum .titrin vina.pdf - Published Version

Download (323kB) | Preview
[img] PDF (Skripsi)
18.0305.0102_COVER_BAB IV - Titrin Yulianingrum .titrin vina.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (201kB) | Request a copy
[img] PDF (Skripsi)
18.0305.0102_FULLTEXT - Titrin Yulianingrum .titrin vina.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy
[img] PDF (Skripsi)
18.0305.0102_COVER_LAMPIRAN - Titrin Yulianingrum .titrin vina.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[img] PDF (Skripsi)
18.0305.0102_COVER_PERNYATAAN UNGGAH REPOSITORY - Titrin Yulianingrum .titrin vina.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (332kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui karakter disiplin dan tanggung jawab siswa pada pembelajaran tatap muka pasca pandemi di SD Negeri Girirejo. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif deskriptif, dimana data disajikan dalam bentuk deskripsi dari hasil penelitian. Responden dari penelitian ini adalah Kepala Sekolah, guru wali kelas III dan V, Orang tua beserta perwakilan siswa kelas III dan V SD Negeri Girirejo. Metode pengumpulan data dengan menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Uji keabsahan data menggunakan teknik triangulasi. Triangulasi yang digunakan berupa triangulasi sumber dan teknik. Proses analisis data pada penelitian ini dilakukan dengan data reduction, data display, dan conclusion drawing/verification. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa karakter disiplin dan tanggung jawab siswa pada pembelajaran tatap muka pasca pandemi di SD Negeri Girirejo sudah cukup baik, namun ada beberapa indikator yang belum menunjukkan hasil maksimal. Hasil dari wawancara, observasi, dan dokumentasi menunjukkan bahwa anak datang ke sekolah dengan tepat waktu, hanya beberapa anak yang terlambat yaitu pada kelas bawah. Siswa sudah mampu mematuhi aturan dan tata tertib yang berlaku di sekolah. Siswa telah mengumpulkan tugas dengan tepat waktu, hanya beberapa siswa yang belum mengumpulkan tugas tepat waktu karena kesulitan dalam membaca dan menulis pasca pandemi. Siswa memakai seragam sesuai dengan aturan yang berlaku di sekolah. Namun, siswa kurang mampu berdiskusi dengan teman baik di sekolah maupun di rumah. Seluruh siswa belum melaksanakan piket sesuai dengan jadwal yang telah ditentukan. Siswa belum mampu merencanakan segala sesuatunya sebelum pembelajaran dimulai.

Item Type: Karya Ilmiah (Other)
Pembimbing: Tria Mardiana, M.Pd. Dan Dhuta Sukmarani
Uncontrolled Keywords: Karakter, Disiplin, Tanggung Jawab, Pembelajaran Tatap Muka, Pandemi
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Depositing User: Sulistya Nur Ginanjar, SIP.
Date Deposited: 12 Oct 2022 01:19
Last Modified: 19 Oct 2022 08:06
URI: http://eprintslib.ummgl.ac.id/id/eprint/3683

Actions (login required)

View Item View Item