PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION (GI) TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP MATERI BANGUN DATAR DAN KERJASAMA SISWA SD KELAS IV DI MAGELANG

Astuti, Setyani Dwi (2022) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION (GI) TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP MATERI BANGUN DATAR DAN KERJASAMA SISWA SD KELAS IV DI MAGELANG. Other thesis, Skripsi, Universitas Muhammadiyah Magelang.

[img]
Preview
PDF (Skripsi)
18.0305.0097_COVER_BAB I_BAB II_BAB III_BAB V_DAFTAR PUSTAKA - Setyani Dwi Astuti.pdf - Published Version

Download (517kB) | Preview
[img] PDF (Skripsi)
18.0305.0097_COVER_BAB IV - Setyani Dwi Astuti.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (403kB) | Request a copy
[img] PDF (Skripsi)
18.0305.0097_FULLTEXT - Setyani Dwi Astuti.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy
[img] PDF (Skripsi)
18.0305.0097_COVER_LAMPIRAN - Setyani Dwi Astuti.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy
[img] PDF (Skripsi)
18.0305.0097_COVER_PERNYATAAN UNGGAH REPOSITORY - Setyani Dwi Astuti.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (447kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation (GI) terhadap pemahaman konsep materi bangun datar dan kerjasama siswa SD di Magelang. Penelitan ini dilakukan pada siswa kelas IV SD Negeri Geneng 1 sebagai kelas eksperimen dan siswa kelas IV SD Negeri Mejing 2 sebagai kelas kontrol. Penelitian ini merupakan jenis penelitian eksperimen semu (Quasi Experimental) dengan model Nonequivalent control group design. Subjek penelitian dipilih secara total sampling. Sampel yang diambil sebanyak 48 siswa terdiri dari 26 siswa kelompok eksperimen dan 22 siswa kelompok kontrol. Variabel bebas adalah model pembelajaran kooperatif tipe group investigation (GI), dan variabel terikat terbagi menjadi dua yaitu Y1 pemahaman konsep materi bangun datar dan Y2 kerjasama siswa. Metode pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan tes dan angket. Uji validitas instrumen tes menggunakan teknik korelasi product moment dengan bantuan komputer program IMB SPSS versi 25.00 for windows. Uji prasyarat analisis terdiri dari uji normalitas dan uji homogenitas. Analisis data menggunakan teknik statistik Wilcoxon dengan bantuan komputer program IMB SPSS versi 25.00 for windows. Hasil penelitian menunjukkan pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation (GI) terhadap pemahaman konsep materi bangun datar. Kelas eksperimen lebih unggul dan hasil hipotesis membuktikan model pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation (GI) signifikan terhadap pemahaman konsep materi bangun datar. Hasil penelitian menunjukkan pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation (GI) terhadap kerjasama siswa. Hasil analisis data membuktikan terdapat perbedaan rata-rata dan persentase pretest hasil angket untuk keseluruhan siswa kelas eksperimen dengan kriteria “cukup” dan kelas kontrol dengan kriteria “kurang”. Hasil rata-rata dan persentase angket posttest kelas eksperimen secara keseluruhan siswa dikategorikan “baik” dan posttest kelas kontrol dikategorikan “cukup”.

Item Type: Karya Ilmiah (Other)
Pembimbing: Agrissto Bintang A.P, M.Pd Dan Sukma Wijayanto, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Group Investigation, Kerjasama, Pembelajaran Kooperatif, Pemahaman Konsep
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Depositing User: Sulistya Nur Ginanjar, SIP.
Date Deposited: 12 Oct 2022 01:18
Last Modified: 19 Oct 2022 08:00
URI: http://eprintslib.ummgl.ac.id/id/eprint/3682

Actions (login required)

View Item View Item