PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN STUDENT FACILITATOR AND EXPLAINING (SFAE) BERBANTUAN MEDIA POP-UP BOOK TERHADAP HASIL BELAJAR IPA (Penelitian pada Siswa Kelas-V di SDN Krasak 2 Salaman, Kab. Magelang Tahun Ajaran 2021/2022

Supriyati, Septiyani (2022) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN STUDENT FACILITATOR AND EXPLAINING (SFAE) BERBANTUAN MEDIA POP-UP BOOK TERHADAP HASIL BELAJAR IPA (Penelitian pada Siswa Kelas-V di SDN Krasak 2 Salaman, Kab. Magelang Tahun Ajaran 2021/2022. Other thesis, Skripsi, Universitas Muhammadiyah Magelang.

[img]
Preview
PDF (Skripsi)
18.0305.0111_BAB I -II_III_V_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (740kB) | Preview
[img] PDF (Skripsi)
18.0305.0111_COVER_BAB IV - Septiyani S.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (256kB) | Request a copy
[img] PDF (Skripsi)
18.0305.0111_Fulltext - Septiyani S.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy
[img] PDF (Skripsi)
18.0305.0111_COVER_LAMPIRAN - Septiyani S.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy
[img] PDF (Skripsi)
18.0305.0111_COVER PERNYATAAN UNGGAH REPOSITORY - Septiyani S.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (595kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model Student Facilitator and Explaining berbantuan media Pop-Up Book terhadap hasil belajar IPA siswa kelas V di SDN Krasak 2. Metode penelitian yang digunakan adalah eksperimen dengan desain pre-eksperimental design. Sedangkan untuk jenisnya menggunakan One Grup Pretest-Posttest Design. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas V di SDN Krasak 2 dengan jumlah siswa 13 orang. Teknik pengambilan sampel menggunakan sampling jenuh. Pengumpulan data yang digunakan adalah tes yang berbentuk pilihan ganda. Tes dilakukan untuk mengukur kemampuan siswa dalam memahami materi serta menguji perubahan hasil belajar setelah diberikan perlakuan (treatment). Tes diberikan sebelum diberikan perlakuan (Pretest) dan sesudah diberikan perlakuan (Posttest). Statistik yang digunakan dalam uji hipotesis adalah Wilcoxon dengan bantuan IMB SPSS versi 25. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran Student Facilitator And Explaining berbantuan media Pop-Up Book berpengaruh terhadap hasil belajar siswa kelas V dalam mata pelajaran IPA materi penggolongan hewan berdasarkan jenis makannya. Dibuktikan dengan hasil rata-rata melalui pengukuran awal (Pretest) sebesar 54,6 dan pengukuran akhir (Post-test) sebesar 80,6. Hasil Uji Wilcoxon diperoleh signifikansi (2 tailed) sebesar 0,001,<0,05 sehingga dapat disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran Student Facilitator And Explaining berbantuan media Pop-Up Book berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar IPA pada siswa kelas V di SDN Krasak 2 Salaman.

Item Type: Karya Ilmiah (Other)
Pembimbing: Rasidi, M. Pd Dan Dhuta Sukmarani, M. Si
Uncontrolled Keywords: Student Facilitator And Explaining, media Pop-Up Book, Hasil belajar.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Depositing User: Sulistya Nur Ginanjar, SIP.
Date Deposited: 12 Oct 2022 01:18
Last Modified: 19 Oct 2022 08:05
URI: http://eprintslib.ummgl.ac.id/id/eprint/3681

Actions (login required)

View Item View Item