Rahmawati, Putri (2022) PENGGUNAAN GADGET DAN DAMPAKNYA PADA KARAKTER PEDULI SOSIAL ANAK USIA SEKOLAH DASAR (Studi di RT 001 Kel/Desa Ngipik, Kecamatan Pringsurat, Kabupaten Temanggung). Other thesis, Skripsi, Universitas Muhammadiyah Magelang.
|
PDF (Skripsi)
1803050021_COVER_BAB I_BAB II_BAB III_BAB V_DAFTAR PUSTAKA - Putri Uty.pdf - Published Version Download (641kB) | Preview |
|
PDF (Skripsi)
1803050021_COVER_BAB IV - Putri Uty.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (531kB) | Request a copy |
||
PDF (Skripsi)
1803050021_FULLTEXT - Putri Uty.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (2MB) | Request a copy |
||
PDF (Skripsi)
1803050021_COVER_LAMPIRAN - Putri Uty.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
||
PDF (Skripsi)
1803050021_COVER_PERNYATAAN UNGGAH REPOSITORI - Putri Uty.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (137kB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana dampak pengggunaan gadget pada karakter peduli sosial anak usia sekolah dasar di RT 001 Kel/Desa Ngipik, Kec. Pringsurat, Kab. Temanggung. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif studi kasus. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis bagaimana penggunaan gadget dan dampaknya pada karakter peduli sosial anak usia sekolah dasar. Subjek penelitiannya adalah 10 anak usia sekolah dasar dan 10 orang tua. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi, dan pencatatan lapangan. Keabsahan data diperoleh dengan triangulasi sumber, teknik, dan perpanjangan waktu. Analisis data yang digunakan yaitu analisis data kualitatif dengan menggunakan model Miles dan Huberman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Jenis gadget yang digunakan anak adalah HP, HP yang digunakan anak adalah milik orang tua, 2) Aplikasi yang sering dibuka oleh anak yaitu WhatsApp, youtube, google, game, tik-tok, dan instagram, 3) Fungsi dan manfaat gadget yaitu mayoritas anak menggunakan WhatsApp untuk berkomunikasi dengan orang terdekat dan teman-temannya. Youtube untuk menonton video animasi kartun dan video game. Google untuk mencari materi sekolah, game stumble guys dan tata rias dimainkan saat waktu luang, tik-tok untuk menonton berbagai macam konten, dan instagram untuk berfoto menggunakan filter lucu. Intensitas penggunaan gadget dalam sehari rata-rata partisipan menghabiskan watktu lebih dari 3 jam. Gadget mempengaruhi karakter peduli sosial anak pada aspek: 1) Membantu dan menolong orang lain dimana mayoritas anak cenderung mau menolong orang lain ketika ada perintah, ada paksaan, dan menunggu anak untuk menyelesaikan bermain HP terlebih dahulu 2) sopan dalam memperlakukan orang lain dimana mayoritas anak cenderung tidak memperhatikan dan bahkan tidak melihat orang yang mengajak bicara. marah dan membentak saat ditegur bermain HP, 3) Santun dalam bertindak dimana respon mayoritas anak saat berpapasan dengan orang lain cenderung cuek dan tidak menghiraukan, tidak mengatakan tolong saat meminta bantuan dan tidak mengatakan terimakasih setelah diberi bantuan.
Item Type: | Karya Ilmiah (Other) |
---|---|
Pembimbing: | Septiyati Purwandari, M.Pd. Dan Sukma Wijayanto, M.Pd |
Uncontrolled Keywords: | Dampak Penggunaan Gadget |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Depositing User: | Sulistya Nur Ginanjar, SIP. |
Date Deposited: | 12 Oct 2022 01:17 |
Last Modified: | 19 Oct 2022 08:04 |
URI: | http://eprintslib.ummgl.ac.id/id/eprint/3679 |
Actions (login required)
View Item |