PENGARUH KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH, MOTIVASI KERJA DAN ORGANIZATIONAL CITIZENSHIP BEHAVIOR (OCB) TERHADAP KINERJA GURU SMA/SMK MUHAMMADIYAH SE-KABUPATEN WONOSOBO

Mardianti, Laily (2022) PENGARUH KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH, MOTIVASI KERJA DAN ORGANIZATIONAL CITIZENSHIP BEHAVIOR (OCB) TERHADAP KINERJA GURU SMA/SMK MUHAMMADIYAH SE-KABUPATEN WONOSOBO. Masters thesis, Skripsi, Universitas Muhammadiyah Magelang.

[img]
Preview
PDF (Tesis)
19.0406.0050_BAB I_BAB II_BAB III_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img] PDF (Tesis)
19.0406.0050_BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] PDF (Tesis)
19.0406.0050_FULLTEXT.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (8MB) | Request a copy
[img] PDF (Tesis)
19.0406.0050_LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (5MB) | Request a copy
[img] PDF (Tesis)
19.0406.0050_PERNYATAAN PUBLIKASI.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (439kB) | Request a copy

Abstract

LAILY MARDIYATI: Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah, Motivasi Kerja, dan Organizational Citizenship Behavior (OCB) terhadap Kinerja Guru SMA/SMK Muhammadiyah Se-Kabupaten Wonosobo. Tesis. Magelang: Program Pascasarjana Universitas Muhammadiyah Magelang, 2022. Peran kepemimpinan kepala sekolah sebagai pendidik/educator, manajer/pemimpin, administrator, supervisor, inovator serta motivator merupakan indikator keberhasilan dalam meningkatkan kinerja guru. Kepemimpinan kepala sekolah yang baik akan memotivasi guru dalam menjalankan tugasnya serta menumbuhkan perilaku kewarganegaraan organisasi (OCB) yang baik sehingga dapat meningkatkan kinerja guru. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kepemimpinan kepala sekolah, motivasi kerja dan OCB terhadap kinerja guru SMA/SMK Muhammadiyah se-Kabupaten Wonosobo. Penelitian ini termasuk dalam penelitian lapangan atau field research, di mana guru dan kepala sekolah berperan sebagai subjek penelitiannya. Sedangkan jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian kuantitatif. Populasi pada penelitian ini adalah guru yang bekerja di SMA/SMK Muhammadiyah se-Kabupaten Wonosobo yang berjumlah 134 dan sampel yang digunakan sebanyak 60 responden/guru. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode kuesioner, sedangkan teknik analisis yang digunakan terdiri dari uji asumsi klasik dan analisis regresi yang digunakan untuk mengetahui pengaruh dari setiap variabel bebas terhadap variabel terikat penelitian, di mana pada operasional analisisnya digunakan bantuan dari program SPSS for windows 26.00. Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat pengaruh positif dan signifikan kepemimpinan kepala sekolah, motivasi guru dan OCB terhadap kinerja guru. Besar sumbangan efektif kepemimpinan kepala sekolah sebesar 35,73 %. Sumbangan efektif motivasi kerja guru terhadap kinerja guru sebesar 25,97 %. Sedangkan sumbangan efektif OCB terhadap kinerja guru sebesar 29,80 %. Adapun besar pengaruh ketiga variabel bebas sebesar 91,5 %, sementara sisanya 8,5 % dipengaruhi variabel lain yang tidak disertakan dalam penelitian ini.

Item Type: Karya Ilmiah (Masters)
Pembimbing: Dr. Imron, M.A. dan Dr. Imam Mawardi, M.Ag
Uncontrolled Keywords: kepemimpinan, motivasi, OCB, kinerja, guru
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
L Education > LB Theory and practice of education
Depositing User: Rizki Shofak Isnaini
Date Deposited: 12 Oct 2022 01:17
Last Modified: 12 Oct 2022 01:17
URI: http://eprintslib.ummgl.ac.id/id/eprint/3678

Actions (login required)

View Item View Item