Hastomo, Widi (2022) INOVASI MANAJEMEN KURIKULUM PENDIDIKAN AGAMA ISLAM BERBASIS BEHAVIORISTIK DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER DI SD MUHAMMADIYAH KUTOARJO DAN SD MUHAMMADIYAH KEMIRI. Masters thesis, Skripsi, Universitas Muhammadiyah Magelang.
|
PDF (Tesis)
19.0406.0057_COVER_BAB I_BAB II_BAB III_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (742kB) | Preview |
|
PDF (Tesis)
19.0406.0057_COVER_BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (522kB) | Request a copy |
||
PDF (Tesis)
19.0406.0057_FULLTEXT.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (4MB) | Request a copy |
||
PDF (Tesis)
19.0406.0057_COVER_LAMPIRAN.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (4MB) | Request a copy |
||
PDF (Tesis)
19.0406.0057_COVER_PERNYATAAN UNGGAH REPOSITORY - Widi Hastomo.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (464kB) | Request a copy |
Abstract
WIDI HASTOMO: Inovasi Manajemen Kurikulum Pendidikan Agama Islam Berbasis Behavioristik Dalam Pembentukan Karakter Di SD Muhammadiyah Kutoarjo dan SD Muhammadiyah Kemiri. Tesis. Magelang : Pascasarjana Universitas Muhammadiyah Magelang, 2022. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui inovasi manajemen kurikulum pendidikan agama Islam dan pembentukan karakter berbasis behavioristik di SD Muhammadiyah Kutoarjo dan SD Muhammadiyah Kemiri. Penelitian ini didesain dengan pendekatan kualitatif, yaitu penelitian yang bermaksud untuk memahami fenomena tentang apa yang dialami oleh subjek penelitian misalnya perilaku, persepsi, motivasi, tindakan, disajikan dengan cara deskripsi dalam bentuk kata-kata tertulis atau lisan dari orang-orang dan perilaku yang diamati. Karakter yang diteliti difokuskan pada karakter religius. Konsep manajemen kurikulum pendidikan agama Islam yang digunakan di SD Muhammadiyah Kutoarjo dan SD Muhammadiyah Kemiri mencakup 4 fungsi manajemen, yaitu perencanaan (planning), pengorganisasian (organizing), pelaksanaan (actuating), dan pengontrolan (controlling) atau sering disingkat POAC. Inovasi manajemen kurikulum pendidikan agama Islam dilaksanakan melalui kegiatan pembelajaran, bersalaman di pagi hari, majelis pagi, piket kelas, makan siang bersama, sholat dhuhur berjamaah, keputrian, malam bina iman dan taqwa, outbond, hizbul wathan, dan archery club. Hasil penelitian menunjukkan bahwa manajemen kurikulum pendidikan agama Islam berbasis behavioristik di SD Muhammadiyah Kutoarjo dan SD Muhammadiyah Kemiri sudah berjalan sesuai dengan teori yang ada dan berhasil membentuk karakter religius siswa menjadi lebih baik, sehingga diharapkan siswa tidak hanya menerapkannya di sekolah tetapi juga di rumah dan lingkungan sekitarnya.
Item Type: | Karya Ilmiah (Masters) |
---|---|
Pembimbing: | Dr. Imam Mawardi, M.Ag dan Dr. Nurodin Usman, LC, MA |
Uncontrolled Keywords: | Kurikulum, Pembiasaan, Karakter |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc L Education > LB Theory and practice of education |
Depositing User: | Rizki Shofak Isnaini |
Date Deposited: | 12 Oct 2022 01:16 |
Last Modified: | 12 Oct 2022 01:16 |
URI: | http://eprintslib.ummgl.ac.id/id/eprint/3677 |
Actions (login required)
View Item |