KEBIJAKAN KEPALA MADRASAH DALAM PROGRAM PENGEMBANGAN KARAKTER MELALUI HIDDEN CURRICULUM DI MI MUHAMMADIYAH KECAMATAN KALIKAJAR

Budiyanto, Agus (2022) KEBIJAKAN KEPALA MADRASAH DALAM PROGRAM PENGEMBANGAN KARAKTER MELALUI HIDDEN CURRICULUM DI MI MUHAMMADIYAH KECAMATAN KALIKAJAR. Masters thesis, Skripsi, Universitas Muhammadiyah Magelang.

[img]
Preview
PDF (Tesis)
1904060053_COVER_BAB I_BAB II_BAB III_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (491kB) | Preview
[img] PDF (Tesis)
1904060053_COVER_BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (532kB) | Request a copy
[img] PDF (Tesis)
1904060053_ FULLTEXT.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[img] PDF (Tesis)
1904060053_COVER_LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] PDF (Tesis)
1904060053_ COVER_ PERNYATAAN UNGGAH REPOSITORY.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (137kB) | Request a copy

Abstract

AGUS BUDIYANTO, Kebijakan Kepala Madrasah dalam Program Pengembangan Karakter Melalui Hidden Curriculum di MI Muhammadiyah Kecamatan Kalikajar. Tesis, Magelang: Pascasarjana Universitas Muhammadiyah Magelang, 2022. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : (1) Kebijakan Kepala Madrasah di MI Muhammadiyah Kecamatan Kalikajar (2) Pelaksanaan Hidden curriculum di MI Muhammadiyah Kecamatan Kalikajar (3) Problematika dan penyelesaian implementasi kebijakan hidden curriculum di MI Muhammadiyah Kecamatan Kalikajar. Penelitian ini di lakukan berdasarkan permasalahan, yaitu : (1) Program pengembangan karakter di MI Muhammadiyah Kalikajar belum direncanakan secara matang (2) Kurangnya sarana prasarana yang menunjang pelaksanaan program pengembangan karakter (3) Pemahaman guru tentang Hidden curriculum masih minim (4) kesempatan bagi guru dalam memahami dan menafsirkan suatu hidden curriculum masih kurang baik, guru hanya berfokus kepada kurikulum yang tertulis (5) Guru belum dilibatkan secara penuh dalam menyusun program mengembangkan karakter peserta didik di MI Muhammadiyah Kalikajar (6) Guru belum sepenuhnya memahami karakter yang dikembangkan di Madrasah. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, dengan subjek penelitian kepala madrasah dan guru di MI Muhammadiyah kecamatan kalikajar. Pengumpulan data dilakukan dengan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Kemudian untuk pemeriksaan keabsahan data menggunakan uji kreadibilitas data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kepala madrasah sudah menyusun kebijakan yaitu perencanaan, pengembangan pembelajaran, pengembangan kurikulum, pengembangan ketenagaan, pengembangan sarana prasarana, pengembangan keuangan dan hubungan dengan masyarakat. Pengembangan karakter siswa melalui hidden curriculum diimplementasikan bersamaan dengan program terstruktur terintregrasi dengan pelajaran, pembiasaan dan ekstrakurikuler. hambatan dalam pengembangan program pengembangan karakter melalui hidden curriculum (1) guru belum sepenuhnya paham mengimplementasikan hidden curiculum, (2) kebiasaan siswa dilingkungan sehingga siswa tidak dengan mudah dapat menerapkan karakter yang dikembangkan (3) ketidak pedulian orang tua. cara penyelesaian hambatan (1) Memberi pelatihan kepada guru dan sharing dengan guru yang sudah paham dan melaksanakan hidden curriculum dengan baik, (2) selalu memberi pengertian kepada orang tua dan siswa tentang pentingnya pengembangan karakter di madrasah.

Item Type: Karya Ilmiah (Masters)
Pembimbing: Dr. Imam Mawardi, M.Ag dan Dr. Imron, MA
Uncontrolled Keywords: Kebijakan, Pengembanagn Karakter, Hidden Curriculum
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
L Education > LB Theory and practice of education
Depositing User: Rizki Shofak Isnaini
Date Deposited: 12 Oct 2022 01:16
Last Modified: 12 Oct 2022 01:16
URI: http://eprintslib.ummgl.ac.id/id/eprint/3675

Actions (login required)

View Item View Item