Rifai, Muhammad Fatur (2022) IMPLEMENTASI PENDIDIKAN MULTIKULTURAL DI SD MUHAMMADIYAH GUNUNGPRING MUNTILAN. Other thesis, Skripsi, Universitas Muhammadiyah Magelang.
|
PDF (Skripsi)
18.0305.0001_COVER_BAB I_BAB II_BAB V_DAFTAR PUSTAKA - MUHAMMAD FATUR RIFAI.pdf - Published Version Download (534kB) | Preview |
|
PDF (Skripsi)
18.0305.0001_COVER_BAB IV - MUHAMMAD FATUR RIFAI.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (783kB) | Request a copy |
||
PDF (Skripsi)
18.0305.0001_FULLTEXT.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (4MB) | Request a copy |
||
PDF (Skripsi)
18.0305.0001_COVER_LAMPIRAN - MUHAMMAD FATUR RIFAI.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (3MB) | Request a copy |
||
PDF (Skripsi)
18.0305.0001_COVER_PERNYATAAN UNGGAH REPOSITORY - MUHAMMAD FATUR RIFAI.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (242kB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui; 1) perencanaan pendidikan multikultural di SD Muhammadiyah Gunungpring; 2) pelaksanaan pendidikan multikultural di SD Muhammadiyah Gunungpring; 3) evaluasi pendidikan multikultural di SD Muhammadiyah Gunungpring. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Sumber data penelitian ini adalah kepala sekolah, guru, dan peserta didik. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Keabsahan data dilihat melalui triangulasi data yaitu triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) perencanaan pendidikan multikultural terdiri dari arahan yang dilakukan oleh kepala sekolah yang profesional, keterlibatan guru dan staff dalam menciptakan perencanaan yang matang dan efektif. 2) pelaksanaan pendidikan multikultural mencakup seluruh aspek yang ada didalam sekolah, sinergi yang sama menjadikan pelaksanaan pendidikan multikultural berjalan dengan baik. Pelaksanaan didasarkan pada nilai- nilai pendidikan multikultural yang mencakup nilai toleransi, nilai demokrasi, nilai kesetaraan, dan nilai keadilan. 3) evaluasi pendidikan multikultural tidak secara konkrit dilaksanakan, namun pendidikan multikultural dapat dilihat dalam dua waktu yang berbeda yaitu saat pelaksanaan di lapangan maupun tindak lanjut berupa penilaian perilaku didalam hasil belajar. Terdapat faktor pendukung dalam jalannya program ini yaitu (1) Faktor arahan dan peran kepala sekolah, (2) Sarana dan prasarana yang memadai, (3) Pendekatan guru yang efektif. Selain faktor pendukung juga terdapat faktor penghambat yaitu (1) Faktor peserta didik, (2) Lingkungan asal peserta didik, (3) Pola asuh orang tua yang kurang tepat.
Item Type: | Karya Ilmiah (Other) |
---|---|
Pembimbing: | Arif Wiyat Purnanto, M.Pd. Dan Putri Meinita Triana, M.Pd. |
Uncontrolled Keywords: | Implementasi, perencanaan, pelaksanaan, evaluasi pendidikan multikultural |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Depositing User: | Sulistya Nur Ginanjar, SIP. |
Date Deposited: | 12 Oct 2022 01:13 |
Last Modified: | 19 Oct 2022 08:04 |
URI: | http://eprintslib.ummgl.ac.id/id/eprint/3672 |
Actions (login required)
View Item |