i Purnawati, Mega Dwi (2022) PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPA MELALUI MODEL DISCOVERY LEARNING PADA SISWA KELAS IV SDN KALISARI 2 TEMPURAN KABUPATEN MAGELANG. Other thesis, Skripsi, Universitas Muhammadiyah Magelang.
|
PDF (Skripsi)
17.0305.0155_COVER_BAB I_BAB II_BAB III_BAB V_DAFTAR PUSTAKA_REVISI.pdf - Published Version Download (617kB) | Preview |
|
PDF (Skripsi)
17.0305.0155_COVER_BAB IV - Mega Wati.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (509kB) | Request a copy |
||
PDF (Skripsi)
17.0305.0155_COVER_FULLTEXT - Mega Wati.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (4MB) | Request a copy |
||
PDF (Skripsi)
17.0305.0155_COVER_LAMPIRAN - Mega Wati.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (3MB) | Request a copy |
||
PDF (Skripsi)
17.0305.0155_COVER_PERNYATAAN UNGGAH REPOSITORY - Mega Wati.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian dengan judul Peningkatan Hasil Belajar IPA Melalui model Discovery Learning Pada siswa kelas IV SDN Kalisari 2 Tempuran Kabupaten Magelang.Penelitianini bertujuan untuk mengetahui apakah penerapan model pembelajaran Discovery Learning dapatmeningkatkanhasilbelajarIPAsiswakelasIVSDN Kalisari 2 Tempuran Kabupaten Magelang. PenelitiandilaksanakandenganrancanganPenelitianTindakanKelas(PTK)yang dilakukan dengan dua siklus, masing-masing siklus mencakup perencanaan,pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Subjek penelitian ini berjumlah 20 siswapadakelasIVSDN Kalisari 2 Tempuran Kabupaten Magelang2021/2022.Metodepengumpulandatayangdigunakandalampenelitianini adalah metode tes dan observasi. Metode analisis datapada penelitian ini menggunakan deskriptif presentase yang berupa hasil dari nilaibelajar IPA siswa yang disajikan dalam bentuk angka untuk mencari nilai rata-ratadanpersentaseketuntasan belajar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada tes awal sebelum menggunakanmodelpembelajaranDiscovery Learning,presentaseketuntasanbelajarmencapai38%. Pada siklus 1 ketuntasan belajar meningkat menjadi 57% dan selanjutnya padasiklus 2 ketuntasan belajar meningkat menjadi 90%. Penelitian tindakan kelasdengan menerapkan model pembelajaran Discovery Learning dapat meningkatkanhasilbelajarIPApadasiswakelasIVSDN Kalisari Tempuran Kabupaten Magelang.
Item Type: | Karya Ilmiah (Other) |
---|---|
Pembimbing: | Galih Istiningsih, M.Pd Dan Rasidi, M.Pd. |
Uncontrolled Keywords: | Discovery Learning,Hasilbelajar,IPA |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Depositing User: | Sulistya Nur Ginanjar, SIP. |
Date Deposited: | 12 Oct 2022 01:13 |
Last Modified: | 19 Oct 2022 08:00 |
URI: | http://eprintslib.ummgl.ac.id/id/eprint/3671 |
Actions (login required)
View Item |