MODEL PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL BERBASIS OUTING CLASS SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR TEMBANG DOLANAN (Penelitian Pada Siswa Kelas 1 di SD Negeri Petung 2, Kecamatan Pakis, Kabupaten Magelang)

Listiana, Listiana (2022) MODEL PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL BERBASIS OUTING CLASS SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR TEMBANG DOLANAN (Penelitian Pada Siswa Kelas 1 di SD Negeri Petung 2, Kecamatan Pakis, Kabupaten Magelang). Other thesis, Skripsi, Universitas Muhammadiyah Magelang.

[img]
Preview
PDF (Skripsi)
17.0305.0134_COVER_BAB I _BAB II_BAB III_BAB V_ Dapus.pdf - Published Version

Download (532kB) | Preview
[img] PDF (Skripsi)
17.0305.0134_COVER_BAB IV - Listi_gendissjawi.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (356kB) | Request a copy
[img] PDF (Skripsi)
17.0305.0134_FULLTEXT - Listi_gendissjawi.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (6MB) | Request a copy
[img] PDF (Skripsi)
17.0305.0134_COVER_LAMPIRAN - Listi_gendissjawi.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (5MB) | Request a copy
[img] PDF (Skripsi)
17.0305.0134_COVER_REPOSITORY - Listi_gendissjawi.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (143kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian bertujuan untuk mengetahui peningkatan motivasi belajar siswa dalam mata pelajaran Bahasa Jawadi SD Negeri Petung 2 melalui model kontekstual berbasis outing class. Penelitian ini merupakan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan model deskriptif kualitatif. Sampel yang diambil sebanyak 25 siswayang terdiri dari 13 anak laki-laki dan 12 anak permpuan. Sedangkan objek dalam penelitian ini adalah peningkatan motivasi belajar. Instrumen yangdigunakan dalam penelitian ini adalah observasi dan kuesioner. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalahanalisisdata kuantitatif dan kualitatif. Peningkatan motivasi belajar ditunjukkan pada, kondisi awal pada siklus I rata-rata hasil belajar menjadi 45.30 dengan persentase ketuntasan 12%, pada siklusIIrata-ratamotivasi belajarmenjadi80.22denganpresentaseketuntasan92%.Berdasarkan hasil analisis tersebut dapat disimpulkan bahwa penerapan pembelajaran kontekstual berbasis outing class dapat meningkatkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Bahasa Jawa.

Item Type: Karya Ilmiah (Other)
Pembimbing: Galih Istiningsih, M.Pd dan Aditia Eska Wardana.M.Pd.,
Uncontrolled Keywords: Kontekstual, Outing Class, Motivasi Belajar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Depositing User: Sulistya Nur Ginanjar, SIP.
Date Deposited: 12 Oct 2022 01:12
Last Modified: 19 Oct 2022 08:02
URI: http://eprintslib.ummgl.ac.id/id/eprint/3670

Actions (login required)

View Item View Item