PENGARUH KONSELING KELOMPOK MODEL COGNITIVE BEHAVIORAL THERAPY DENGAN SELF MANAGEMENT TERHADAP PENURUNAN PROKRASTINASI AKADEMIK (Penelitian pada Siswa Kelas VIII B SMP Negeri 1 Selopampang, Temanggung)

Sari, Siska Muflikha (2017) PENGARUH KONSELING KELOMPOK MODEL COGNITIVE BEHAVIORAL THERAPY DENGAN SELF MANAGEMENT TERHADAP PENURUNAN PROKRASTINASI AKADEMIK (Penelitian pada Siswa Kelas VIII B SMP Negeri 1 Selopampang, Temanggung). Other thesis, Skripsi, Universitas Muhammadiyah Magelang.

[img]
Preview
PDF (Skripsi)
13.0301.0005 _ BAB I _ BAB II _ BAB III _ BAB V _ DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (411kB) | Preview
[img] PDF (Skripsi)
13.0301.0005 _ BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (163kB) | Request a copy
[img] PDF (Skripsi)
13.0301.0005 _ LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] PDF (Skripsi)
13.0301.0005 _ FULLTEXT.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh konseling kelompok model cognitive behavioral therapy dengan strategi self management terhadap penurunan prokrastinasi akademik. Penelitian dilakukan pada siswa kelas VIII B SMP Negeri 1 Selopampang T.A. 2016/2017. Penelitian ini menggunakan pretest-posttest control group design dengan satu perlakuan. Sampel yang diambil sebanyak 20 siswa, 10 siswa masuk dalam kelompok eksperimen yaitu kelompok yang diberikan perlakuan (konseling kelompok model cognitive behavioral therapy dengan strategi self management) dan 10 siswa masuk dalam kelompok kontrol yaitu kelompok yang tidak diberikan perlakuan. Pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Pengumpulan data menggunakan metode kuesioner. Teknik analisis data menggunakan analisis parametrik One Way Anova. Hasil penelitian menunjukkan bahwa konseling kelompok model cognitive behavioral therapy dengan strategi self management berpengaruh terhadap penurunan prokrastinasi akademik. Hal ini dibuktikan dengan adanya pengaruh penurunan skor skala prokrastinasi akademik antara kelompok eksperimen dengan kelompok kontrol, dimana penurunan pemahaman kelompok eksperimen lebih tinggi (13%) dibandingkan kelompok kontrol (5%). Selain itu penurunan prokrastinasi akademik sis

Item Type: Karya Ilmiah (Other)
Pembimbing: Prof.Dr. Muhammad Japar, M.Si., Kons. (0012096606) dan Dra. Indiati, M.Pd., (0028036001)
Uncontrolled Keywords: konseling kelompok, strategi self management, prokrastinasi akademik
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Depositing User: Sulistya Nur Ginanjar, SIP.
Date Deposited: 22 Jul 2019 03:49
Last Modified: 22 Jul 2019 03:49
URI: http://eprintslib.ummgl.ac.id/id/eprint/367

Actions (login required)

View Item View Item