PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN CHILDRENLEARNING IN SCIENCE(CLIS) BERBASIS MULTIPLEINTELLIGENCES TERHADAP KETERAMPILAN PROSES SAINS PADA PEMBELAJARAN IPA (Penelitian pada Siswa kelas VSD Muhammadiyah 1 Alternatif Kota Magelang)

Astuti, Erlina Dwi (2022) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN CHILDRENLEARNING IN SCIENCE(CLIS) BERBASIS MULTIPLEINTELLIGENCES TERHADAP KETERAMPILAN PROSES SAINS PADA PEMBELAJARAN IPA (Penelitian pada Siswa kelas VSD Muhammadiyah 1 Alternatif Kota Magelang). Other thesis, Skripsi, Universitas Muhammadiyah Magelang.

[img]
Preview
PDF (Skripsi)
18.0305.0007_COVER_BAB I_BAB II_BAB III_BAB VI_DAFTAR PUSTAKA - ERLINA DWI ASTUTI.pdf - Published Version

Download (500kB) | Preview
[img] PDF (Skripsi)
18.0305.0007_COVER_BAB IV - ERLINA DWI ASTUTI.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (235kB) | Request a copy
[img] PDF (Skripsi)
18.0305.0007_FULLTEXT.PDF - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (7MB) | Request a copy
[img] PDF (Skripsi)
18.0305.0007_COVER_LAMPIRAN - ERLINA DWI ASTUTI.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (7MB) | Request a copy
[img] PDF (Skripsi)
18.0305.0007_COVER_PERNYATAAN UNGGAH REPOSITORY - ERLINA DWI ASTUTI.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (489kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh model pembelajaranChildren Learning In Science (CLIS) berbasis Multiple Intelligencesterhadap keterampilan proses sains siswa kelas V SD Muhammadiyah 1 Alternatif Kota Magelang. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif dengan menggunakan pendekatan pre-eksperimentaldesign dengan model one group pretest-posttest design. Responden untuk penelitian ini adalah 20 siswa kelas kelas V SD Muhammadiyah 1 Alternatif Kota Magelang. Metode pengumpulan data dengan menggunakan tes. Uji validitas instrument tes soal pretest dan posttest menggunakan rumus product moment, sedangkan uji reliabilitas menggunakan rumus Cronbach alpha dengan bantuan program IBM SPSS 26 for windows. Uji prasyarat analisis terdiri dari uji normalitas. Analisis data menggunakan teknik statistic parametrik yaitu uji Paired Sample T-Test dengan bantuan program IBM SPSS 26 for windows. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaranChildren Learning In Science (CLIS) berbasis Multiple Intelligences berpengaruh terhadap keterampilan proses sains pada pembelajaran IPAsiswa kelas V SD. Hal ini dibuktikan dengan hasil analisis Uji Paired Sample T-Testpada kelas yang diberi treatment dengan probabilitas sig. (2-tailed) 0,000< 0,05. karena hasil nilai sig 0.000< 0.05 maka Ho ditolak dan Ha diterima. Berdasarkan hasil analisis dan pembahasan, terdapat adanya perbedaan skor rata-rata pada hasil tes pretest dan posttest. Sebelum diberikannya treatment, rata-rata nilai pretest siswa sebesar 59,80. Sedangkan setelah pemberian treatment, rata-rata pada penilaian posttest sebesar 82,95.Hasil dari penelitian dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran pembelajaranChildren Learning In Science (CLIS) berbasis Multiple Intelligences berpengaruh positif terhadap keterampilan proses sains pada pembelajaran IPAmateri perngaruh kalor terhadap suhu dan wujud benda.

Item Type: Karya Ilmiah (Other)
Pembimbing: Arif Wiyat Purnanto, M.Pd Dan Aditia Eska Wardana, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Children Learning In Science (CLIS), Keterampilan Proses Sains, Multiple Intelligences
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Depositing User: Sulistya Nur Ginanjar, SIP.
Date Deposited: 12 Oct 2022 01:10
Last Modified: 19 Oct 2022 07:59
URI: http://eprintslib.ummgl.ac.id/id/eprint/3666

Actions (login required)

View Item View Item