PENGARUH MODEL REALISTIC MATHEMATIC EDUCATION (RME) BERBANTUAN MULTIMEDIA INTERAKTIF TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA (Penelitian pada Siswa Kelas IV di SDN 1 Gambasan)

Sartina, Dwi (2022) PENGARUH MODEL REALISTIC MATHEMATIC EDUCATION (RME) BERBANTUAN MULTIMEDIA INTERAKTIF TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA (Penelitian pada Siswa Kelas IV di SDN 1 Gambasan). Other thesis, Skripsi, Universitas Muhammadiyah Magelang.

[img]
Preview
PDF (Skripsi)
18.0305.0120_Cover_BAB I_BAB II_BAB III_BAB V_DAFTAR PUSTAKA - Dwi Sartina.pdf - Published Version

Download (451kB) | Preview
[img] PDF (Skripsi)
18.0305.0120_Cover_BAB IV - Dwi Sartina.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (224kB) | Request a copy
[img] PDF (Skripsi)
18.0305.0120_FULLTEXT - Dwi Sartina.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (7MB) | Request a copy
[img] PDF (Skripsi)
18.0305.0120_Cover_LAMPIRAN - Dwi Sartina.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (10MB) | Request a copy
[img] PDF (Skripsi)
18.0305.0120_COVER_PERNYATAAN UNGGAH REPOSITORY - Dwi Sartina.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (351kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh model realistic mathematic education (RME) berbantuan multimedia interaktif terhadap hasil belajar siswa kelas IV SDN 1 Gambasan. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif dengan menggunakan pendekatan pre-eksperimental design dengan model one group pretest-posttest design. Subjek penelitian dipilih secara sampling jenuh. Responden untuk penelitian ini adalah 21 siswa kelas IV SDN 1 Gambasan. Metode pengumpulan data dengan menggunakan tes. Uji validitas instrument tes soal pretest dan posttest menggunakan rumus product moment, sedangkan uji reliabilitas menggunakan rumus Cronbach alpha dengan bantuan program IBM SPSS 28 for windows. Uji prasyarat analisis terdiri dari uji normalitas. Analisis data menggunakan teknik statistic parametrik yaitu uji Paired Sample T-Test dengan bantuan program IBM SPSS 28 for windows. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model realistic mathematic education (RME) berbantuan multimedia interaktif berpengaruh terhadap hasil belajar matematika siswa kelas IV SD. Hal ini dibuktikan bahwa hasil analisis uji Paired Sample T-Test pada kelas yang diberi treatment dengan probabilitas sig. (2-tailed) 0,001< 0,005. Berdasarkan hasil analisis dan pembahasan, terdapat adanya perbedaan skor rata-rata pada hasil tes pretest dan posttest. Sebelum diberikannya treatment, rata-rata nilai pretest siswa sebesar 63,19. Sedangkan setelah pemberian treatment, rata-rata pada penilaian posttest sebesar 72,85.

Item Type: Karya Ilmiah (Other)
Pembimbing: Tria Mardiana, M.Pd. Dan Galih Istiningsih, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: RME, Multimedia, Hasil Belajar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Depositing User: Sulistya Nur Ginanjar, SIP.
Date Deposited: 12 Oct 2022 01:10
Last Modified: 19 Oct 2022 08:04
URI: http://eprintslib.ummgl.ac.id/id/eprint/3665

Actions (login required)

View Item View Item