PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF PICTURE AND PICTURE BERBANTUAN MEDIA ALPHABET SPINNER TERHADAP KETERAMPILAN MEMBACA PERMULAAN (Penelitian Pada Siswa Kelas 1 SD Muhammadiyah Borobudur)

Paramita, Diah Ayu (2022) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF PICTURE AND PICTURE BERBANTUAN MEDIA ALPHABET SPINNER TERHADAP KETERAMPILAN MEMBACA PERMULAAN (Penelitian Pada Siswa Kelas 1 SD Muhammadiyah Borobudur). Other thesis, Skripsi, Universitas Muhammadiyah Magelang.

[img]
Preview
PDF (Skripsi)
18.0305.0093_COVER_BAB I_BAB II_BAB III_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (347kB) | Preview
[img] PDF (Skripsi)
18.0305.0093_COVER_BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (232kB) | Request a copy
[img] PDF (Skripsi)
18.0305.0093_FULLTEXT.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (5MB) | Request a copy
[img] PDF (Skripsi)
18.0305.0093_COVER_LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy
[img] PDF (Skripsi)
18.0305.0093_COVER_PERNYATAAN UNGGAH REPOSITORI.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (277kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Kooperatif Picture and Picture berbantuan media Alphabet Spinner terhadap keterampilan membaca permulaan siswa kelas I. Penelitian ini merupakan jenis penelitian Pre-Experimental Design, dengan model One Group Pretest-Posttest Design. Sampel yang diambil sebanyak 21 siswa yang dijadikan sebagai kelas eksperimen. Teknik pengambilan sampel menggunakan sampling jenuh. Pengumpulan data menggunakan metode tes unjuk kerja. Tes unjuk kerja ini digunakan untuk mengukur sejauh mana siswa dalam keterampilan membaca permulaan sebelum dan sesudah diberi perlakuan. Adapun analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah Paired Sampel T-Test dengan program SPSS Versi 25.0. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran Kooperatif Picture and Picture berbantuan media Alphabet Spinner berpengaruh terhadap keterampilan membaca permulaan. Hal tersebut didukung dengan adanya uji hipotesis yang dilakukan dengan uji Paired Sampel T-Test diperoleh Sig. (2-tailed) sebesar 0,000 (0,000<0,005). Hasil dari penelitian ini disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran Kooperatif Picture and Pictureberbantuan Media Alphabet Spinnerberpengaruh signifikan terhadap keterampilan membaca permulaan.

Item Type: Karya Ilmiah (Other)
Pembimbing: Agrissto Bintang Aji Pradana, M.Pd Dan Putri Meinita Triana, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Picture and Picture, Media Alphabet Spinner, Keterampilan Membaca Permulaan
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Depositing User: Sulistya Nur Ginanjar, SIP.
Date Deposited: 12 Oct 2022 01:09
Last Modified: 19 Oct 2022 08:03
URI: http://eprintslib.ummgl.ac.id/id/eprint/3664

Actions (login required)

View Item View Item