Yuliyanto, Akhmat (2022) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAM ACCELERATEDINSTRUCTION (TAI) TERHADAP MINAT BELAJAR MATEMATIKA (Penelitian pada Kelas IVSD Mutual 2 Kota Magelang). Other thesis, Skripsi, Universitas Muhammadiyah Magelang.
|
PDF (Skripsi)
18.0305.0019_COVER_BAB I_BAB II_BAB III_BAB V_DAFTAR PUSTAKA - B10_03 AKHMAT YULIYANTO.pdf - Published Version Download (1MB) | Preview |
|
PDF (Skripsi)
18.0305.0019_COVER_BAB IV - B10_03 AKHMAT YULIYANTO.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (733kB) | Request a copy |
||
PDF (Skripsi)
18.0305.0019_FULL TEXT.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (6MB) | Request a copy |
||
PDF (Skripsi)
18.0305.0019_COVER_LAMPIRAN - B10_03 AKHMAT YULIYANTO.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (7MB) | Request a copy |
||
PDF (Skripsi)
17.0305.0132_COVER_PERNYATAAN PUBLIKASI - fatwa ika.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (217kB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model kooperatif tipe team accelerated instructionterhadap minat belajar matematika pada kelas IV SD Mutual 2 Kota Magelang. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian Pre-Eksperimental Design dengan model One Group Pre-test Post-test Design. Subjek penelitian dipilih secara Non-probability Samplingmodelsampling purposive. Sampel pada penelitian ini berjumlah 27 siswa. Metode pengumpulan data dilakukan menggunakan angket minat belajar Matematika. Uji validitas instrumen angket dilakukan oleh ahli dan diujikan statistic parametric dengan bantuan IBM SPSS Statistic 25 begitu juga dengan uji reliabilitas. Uji prasyarat analisis menggunakan uji normalitas. Analisis data menggunakan teknik statistic parametric yaitu uji Paired Sample T-Test dengan bantuan aplikasi IBM SPSS Statistic 25. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perolehan nilai rata-rata posttest sebesar 78 dan untuk perolehan nilai rata-rata pretest sebesar 67, sehingga mengalami peningkatan hasil sebelum perlakuan (pretest) dan sesudah perlakuan (posttest). Hal ini dibuktikan dengan hasil analisis Paired Sampel T Test yang menghasilkan thitung sebesar 0,000 dengan nilai signifikan <0,05 artinya ada perbedaan yang signifikan atas hasil pretest dan posttest dengan menggunakan model kooperatif tipe team accelerated instruction. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penerapan model kooperatif tipe team accelerated instruction berpengaruh secara signifikan terhadap minat belajar matematika.
Item Type: | Karya Ilmiah (Other) |
---|---|
Pembimbing: | Rasidi, M.Pd. Dan Dhuta Sukmarani, M.Si. |
Uncontrolled Keywords: | Minat Belajar Matematika, Model Kooperatif Tipe Team Accelerated Instruction. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Depositing User: | Sulistya Nur Ginanjar, SIP. |
Date Deposited: | 12 Oct 2022 01:07 |
Last Modified: | 19 Oct 2022 08:07 |
URI: | http://eprintslib.ummgl.ac.id/id/eprint/3660 |
Actions (login required)
View Item |