NURDAYANTI, ANNISA (2022) IMPLEMENTASI KEBIJAKAN STANDAR PELAYANAN MINIMAL (SPM) BIDANG KESEHATAN DALAM MEWUJUDKAN KESEJAHTERAAN MASYARAKAT (Studi Penerapan Permenkes Nomor 4 Tahun 2019 tentang Standar Teknis Pemenuhan Mutu Pelayanan Dasar Pada SPM Bidang Kesehatan di Kabupaten Berau Tahun 2020-2021). Other thesis, Universitas Muhammadiyah Magelang.
|
PDF (SKRIPSI)
16.0201.0083_BAB I, BAB II, BAB III, BAB V, DAFTAR PUSTAKA - Annisa Nurdayanti.pdf - Published Version Download (457kB) | Preview |
|
PDF (SKRIPSI)
16.0201.0083_BAB IV - Annisa Nurdayanti.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (486kB) | Request a copy |
||
PDF (SKRIPSI)
16.0201.0083_FULLTEXT - Annisa Nurdayanti.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
||
PDF (SKRIPSI)
16.0201.0083_LAMPIRAN - Annisa Nurdayanti.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (167kB) | Request a copy |
||
PDF (SKRIPSI)
16.0201.0083_PERNYATAAN REPOSITORY - Annisa Nurdayanti.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (336kB) | Request a copy |
Abstract
Standar Pelayanan Minimal adalah ketentuan mengenai jenis dan mutu pelayanan dasar urusan pemerintahan yang wajib diperoleh setiap warga secara minimal.Standar Pelayanan Minimal Bidang Kesehatan mencakup dua jenis dan mutu layanan dasar Standar Pelayanan MinimalBidang Kesehatan di Daerah Provinsi dan dua belas jenis mutu layanan dasar Standar Pelayanan Minimal Bidang Kesehatan di Daerah Kabupaten/Kota.Standar Pelayanan Minimal yang telah ditetapkan Pemerintah ternyata belum sepenuhnya dapat diimplementasikan oleh hampir semua daerah di Indonesia, termasuk di Kabupaten Berau.Pemenuhan indikator Standar Pelayanan Minimal Bidang Kesehatan belum mencapai target yang telah ditetapkan. Penelitian ini berangkat dari permasalahan pokok,yaitubelum terpenuhinya 100% indikator Standar Pelayanan Minimal Bidang Kesehatan di Kabupaten Berau tahun 2020-2021 dan solusi dari Pemerintah Daerah dalam upaya pemenuhan Standar Pelayanan MinimalBidang Kesehatan Kabupaten Berau dalam mewujudkan Kesejahteraan Masyarakat. Penelitian ini menggunakan Metode Penelitian dengan pendekatan kasus (case approach) dengan Jenis Penelitian Empiris.Sumber data berasal dari data primer (wawancara) dan sekunder (undang-undang).Teknik pengumpulan data diperoleh melalui wawancara dan studi dokumen/telaah dokumen.Analisis data yang digunakan adalah pengumpulan data, membaca keseluruhan data, menginterpretasikan hasil penelitian dan kesimpulan.Lokasi penelitian dalam penelitian ini adalah Dinas Kesehatan Kabupaten Berau. Teori Implementasi Kebijakan menurut George C. Edward III, yaitu dilihat dari Aspek Komunikasi, Aspek Sumber Daya, Aspek Disposisi, dan Aspek Struktur Birokrasi. Alasan Kinerja SPM Bidang Kesehatan Kabupaten Berau Tahun 2020-2021dengan 12 Indikator belum terpenuhi 100% setiap tahunnya dipengaruhi oleh kurangnya Aspek Sumber Daya (Sumber Daya Manusia Kesehatan, Fasilitas Pelayanan Kesehatan), kurangnya Aspek Disposisi/Komitmen dari Pelaksana Standar Pelayanan Minimal Bidang Kesehatan, danAspek Struktur Birokrasi yang belum efektif.
Item Type: | Karya Ilmiah (Other) |
---|---|
Pembimbing: | Dr. Habib Muhsin Syafingi, S.H., M.Hum. dan Suharso, S.H., M.H. |
Uncontrolled Keywords: | Implementasi; Pemenuhan; Standar Pelayanan Minimal |
Subjects: | K Law > K Law (General) |
Depositing User: | Sulistya Nur Ginanjar, SIP. |
Date Deposited: | 11 Oct 2022 08:28 |
Last Modified: | 11 Oct 2022 08:28 |
URI: | http://eprintslib.ummgl.ac.id/id/eprint/3646 |
Actions (login required)
View Item |