MANAJEMEN PEMBELAJARAN TAHFIDZ ALQURAN DI MI MUHAMMADIYAH LIMBANGAN DAN MI MUHAMMADIYAH KEDUNGJAMPANG KECAMATAN KUTASARI KABUPATEN PURBALINGGA (STUDI KOMPARASI)

Mubarok, Ali (2022) MANAJEMEN PEMBELAJARAN TAHFIDZ ALQURAN DI MI MUHAMMADIYAH LIMBANGAN DAN MI MUHAMMADIYAH KEDUNGJAMPANG KECAMATAN KUTASARI KABUPATEN PURBALINGGA (STUDI KOMPARASI). Masters thesis, Skripsi, Universitas Muhammadiyah Magelang.

[img]
Preview
PDF (Tesis)
1904060046_COVER_BAB I_BAB II_BAB III_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (486kB) | Preview
[img] PDF (Tesis)
1904060046_COVER_BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (236kB) | Request a copy
[img] PDF (Tesis)
1904060046_FULLTEXT.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[img] PDF (Tesis)
1904060046_COVER_LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] PDF (Tesis)
1904060046_COVER_PERNYATAAN UNGGAH.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (109kB) | Request a copy

Abstract

ALI MUBAROK: Manajemen Pembelajaran Tahfidz Alquran di MI Muhammadiyah Limbangan dan MI Muhammadiyah Kedungjampang Kecamatan Kutasari Kabupaten Purbalingga (studi komparasi). Tesis. Magelang: Program Pascasarjana Magister Manajemen Pendidikan Islam Universitas Muhammadiyah Magelang, 2022. Metode pembelajaran tahfidz Alquran harus terus dikembangkan, karena monotonnya metode dalam pengajaran tahfidz Alquran akan membuat siswa jenuh dan bosan, yang mengakibatkan mereka tak suka dengan hafalan dan susah hafalannya. Guru tahfidz wajib terus meningkatkan kemampuannya dalam mengajarkan Alquran. Penelitian ini akan mengungkap proses pembelajaran tahfidz Alquran di MI Muhammadiyah Limbangan dan MI Muhammadiyah Kedungjampang Kutasari Purbalingga. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana proses pembelajaran tahfidz Alquran di MI Muhammadiyah Limbangan dan MI Muhammadiyah Kedungjampang serta faktor pendukung dan juga penghambatnya. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan yang bersifat deskriptif kualitatif, dengan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini adalah dalam proses perencanaan program tahfidz Alquran di MIM Limbangan dan MIM Kedungjampang ada persamaan dan perbedaan. Diantara persamaannya adalah; belum memiliki RPP (Rencana Pelaksanaan Pembelajaran), belum ada guru khusus tahfidz dan dimulai pada jam 0 (pra pelajaran). Perbedaannya pada target hafalan dan metode. MIM Limbangan juz 30 dengan metode talaqqi, sedangkan di MIM Kedungjampang juz 30 dan 29 dengan metode ummi. Dalam proses pelaksanaannya telah melakukan tiga tahapan yaitu pembukaan, inti dan penutup. Siswa menyetorkan hafalan setiap hafal satu surat dan ujian semesteran. Tahfidz bukan sebagai syarat kelulusan. Faktor pendukungnya adalah adanya reward bagi siswa yang berprestasi, insentif bagi guru tahfidz, sarana yang mendukung dan dukungan dari orang tua. Sedangkan faktor penghambatnya adalah belum adanya guru khusus tahfidz, keterbatasan waktu, kemampuan peserta didik yang beragam dan orang tua yang tidak mau membimbing anaknya untuk menambah atau mengulang hafalan siswa di rumah.

Item Type: Karya Ilmiah (Masters)
Pembimbing: Dr. Nuroddin Usman, Lc, MA. dan Dr. Imron, MA.
Uncontrolled Keywords: Manajemen, Tahfidz Alquran, Madrasah Ibtidaiyah
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
L Education > LB Theory and practice of education
Depositing User: Rizki Shofak Isnaini
Date Deposited: 11 Oct 2022 08:20
Last Modified: 11 Oct 2022 08:20
URI: http://eprintslib.ummgl.ac.id/id/eprint/3639

Actions (login required)

View Item View Item