Abdussalam, Sumin (2022) STRATEGI KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN RELIGIUSITAS SISWA PADA MADRASAH IBTIDAIYAH MUHAMMADIYAH SEKECAMATAN KEMRANJEN KABUPATEN BANYUMAS. Masters thesis, Skripsi, Universitas Muhammadiyah Magelang.
|
PDF (Tesis)
1904060042_COVER_BAB I_BAB II_BAB III_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (433kB) | Preview |
|
PDF (Tesis)
1904060042_COVER_BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (389kB) | Request a copy |
||
PDF (Tesis)
1904060042_FULLTEXT.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
||
PDF (Tesis)
1904060042_COVER_LAMPIRAN.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
||
PDF (Tesis)
1904060042_COVER_PERNYATAAN UNGGAH.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (154kB) | Request a copy |
Abstract
Sumin Abdussalam, Strategi Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Religiusitas Siswa pada Madrasah Ibtidaiyah Muhammadiyah se Kecamatan Kemranjen. Magelang: Program Pasca sarjana Magister Manajemen Pendidikan Islam Universitas Muhammadiyah Magelang,. 2022. Hal ini menjadi persoalan yang sangagat urgen dalam pendidikan, agar pendidikan mencapai tujuan yang diharapkan maka mestinya diimbangi dengan proses pembelajaran yang baik dengan kebijakan kepala sekolah dalam pembinaan guru dan pengembangan kurikulum. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana kebijakan kepala sekolah dalam pembinaan guru, mengetahui bagaimana kebijakan kepala sekolah dalam mengembangkan kurikulum, dan untuk mengetahui problematika dan solusi. Metode yang digunakan adalah : Metode interview (wawancara) dan dokumentasi, teknik analisis data dengan langkah langakah reduksi data (data reduction) dan penyajian data (data display) analisis data penelitian menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Hasil penelitian bahwa pembinan SDM sama – sama mengembangkan pembinaan pada akhlak, ibadah keseharian dan kedekatan guru dan tenaga pendidik terhadap al quran sebagai contoh bagi siswanya. Pengembangan kurikulum religius siswa sama – sama mengembangkan melalui program sekolah dengan menekankan pada pembiasaan akhlak, pembiasaan al quran, dan pembiasaan fiqih ibadah. Problematika a) masalah sarpra dan finansial, b) pengelolaan SDM c) kondisi dan kemampuan siswa yang tidak sama, d) religiusitas keluarga wali siswa yang tidak sama. Solusi adalah: a) lembaga sosial BAZNAS, LAZISMU, dan wali siswa, b) stuktural organisasi Muhammadiyah dan Kementrian Agama serta tokoh agama. c) memaksimalkan kelebihan siswa. d) mengadakan parenting wali siswa.
Item Type: | Karya Ilmiah (Masters) |
---|---|
Pembimbing: | Bapak Dr. Nurodin Usman, Lc., M.A dan Dr Imron, M.A |
Uncontrolled Keywords: | Religius,Strategy, Meningkatkan. |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc L Education > LB Theory and practice of education |
Depositing User: | Rizki Shofak Isnaini |
Date Deposited: | 11 Oct 2022 08:19 |
Last Modified: | 11 Oct 2022 08:19 |
URI: | http://eprintslib.ummgl.ac.id/id/eprint/3636 |
Actions (login required)
View Item |