MANAJEMEN PEMBELAJARAN TAHFIDZ ALQURAN PADA MASA NORMAL DAN MASA PANDEMI COVID-19 DI KUTTAB AL-FATIH PURWOKERTO (STUDI KASUS)

Ghopur, Abdul (2022) MANAJEMEN PEMBELAJARAN TAHFIDZ ALQURAN PADA MASA NORMAL DAN MASA PANDEMI COVID-19 DI KUTTAB AL-FATIH PURWOKERTO (STUDI KASUS). Masters thesis, Skripsi, Universitas Muhammadiyah Magelang.

[img]
Preview
PDF (Tesis)
1904060041_COVER_BAB I_BAB II_BAB III_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (502kB) | Preview
[img] PDF (Tesis)
1904060041_COVER_BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (261kB) | Request a copy
[img] PDF (Tesis)
1904060041_COVER_FULLTEXT.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (5MB) | Request a copy
[img] PDF (Tesis)
1904060041_COVER_LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy
[img] PDF (Tesis)
1904060041_COVER_PERNYATAAN UNGGAH REPOSITORY.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (214kB) | Request a copy

Abstract

ABDUL GHOPUR: Manajemen Pembelajaran Tahfidz Alquran pada masa normal dan masa pendemi covid-19 di Kuttab Al-Fatih Purwokweto (studi kasus). Tesis. Magelang: Program Pascasarjana Magister Manajemen Pendidikan Islam Universitas Muhammadiyah Magelang, 2022. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses pembelajaran tahfidz Alquran pada masa normal dan masa pandemi covid-19 serta mengetahui faktor pendukung dan penghambat dalam pembelajaran tahfidz Alquran di Kuttab AlFatih Purwokerto. Jenis penelitian adalah penelitian lapangan yang bersifat deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini adalah dalam proses pembelajaran tahfidz Alquran di kuttab Al-Fatih Purwokerto telah melaksanakan fungsi manajeman, yaitu perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi dengan baik. Program tahfidz Alquran telah direncanakan sejak awal berdiri kuttab, sebagai kurikulum utama dan sudah ada RKK (Rencana Kegiatan Kuttab) sebagai panduan mengajar. Target hafalan adalah tujuh juz. Pelaksanaan pembelajaran tahfidz telah melalui proses pembukaan, inti dan penutup. Metode yang digunakan adalah talaqqi. Kegiatan tahfidz Alquran dilaksanakan setiap hari Senin – Kamis, pukul 07.30 – 09.30. Hari Jum’at untuk kegiatan tasmi’. Ketika terjadi pandemi covid-19 maka pelaksanaan pembelajaran tahfidz Alquran dilaksanakan secara online menggunakan media sosial zoom meeting dan whatsapp. Guru mengirimkan video pembelajaran kemudian santri menghafal dan menyetorkan hafalanya lewat video call. Santri wajib setor hafalannya setiap selesai satu surat, tasmi’ setiap hafal satu juz dan ujian setiap semester. Di kuttab awwal target hafalan terpenuhi, karena hafalan surat masih sedikit. Sedangkan di kelas Qonuni tidak semua bisa memenuhi target hafalan karena targetnya banyak, sementara kemampuan santri berbeda-beda. Solusinya adalah adanya jam tambahan dan memaksimalkan bimbingan orang tua di rumah. Faktor pendukung adalah guru yang profesional, dukungan orang tua, tilawah bagus, kemandirian santri dan kurikulum yang sudah disiapkan dari pusat. Sedangkan faktor penghambatnya adalah santri yang belum siap belajar, orang tua yang kurang perhatian terhadap anaknya dan sarana yang kurang memadahi ketika terjadi pandemi covid-19.

Item Type: Karya Ilmiah (Masters)
Pembimbing: Dr. Imam Mawardi, M.Ag. dan Dr. Nurodin Usman, Lc, MA.
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
L Education > LB Theory and practice of education
Depositing User: Rizki Shofak Isnaini
Date Deposited: 11 Oct 2022 08:15
Last Modified: 11 Oct 2022 08:15
URI: http://eprintslib.ummgl.ac.id/id/eprint/3635

Actions (login required)

View Item View Item