IMPLEMENTASI MODEL MANAJEMEN PENDIDIKAN KARAKTER RELIGIUS DI SD/MI UNGGULAN Se- KECAMATAN MUNGKID

Kurniawan, Eri Zuliansah (2022) IMPLEMENTASI MODEL MANAJEMEN PENDIDIKAN KARAKTER RELIGIUS DI SD/MI UNGGULAN Se- KECAMATAN MUNGKID. Masters thesis, Skripsi, Universitas Muhammadiyah Magelang.

[img]
Preview
PDF (Tesis)
19.0406.0033_COVER_BAB I_BAB II_BAB III_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (644kB) | Preview
[img] PDF (Tesis)
19.0406.0033_COVER_BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (485kB) | Request a copy
[img] PDF (Tesis)
19.0406.0033_FULLTEXT.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (6MB) | Request a copy
[img] PDF (Tesis)
19.0406.0033_COVER_LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy
[img] PDF (Tesis)
19.0406.0033_COVER_PERNYATAAN UNGGAH REPOSITORY.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (327kB) | Request a copy

Abstract

ERI ZULIANSAH KURNIAWAN : Implementasi Model managemen Pendidikan Karakter di SD/MI unggulan sekecamatan Mungkid Kabupaten Magelang. Tesis. Magelang: Pascasarjana Universitas Muhammadiyah Magelang. 2022 Tujuan Penelitian ini adalah : (1) Untuk mengetahui perencanaan pendidikan karakter religius ;(2) untuk mengetahui implementasi pendidikan karakter religius; (3) untuk mengetahui kendala dan solusi implementasi pendidikan karakter religius di SD/MI unggulan se- kecamatan Mungkid. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif lapangan, riset penelitian ini dimulai dengan mengidentifikasi satu keadaan yang spesifik, bertujuan untuk memahami dan mengilustrasikan keadaan yang unik dan perlu dideskripsikan atau diperinci, obyek penelitian ini adalah warga sekolah SD Muhammadiyah Sirojudin, MI Muhammadiyah Blondo, dan MI Muhammadiyah Paremono, Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode diskriptif yang dilakukan dengan cara sistematis, faktual dan akurat mengenai fakta- fakta, sifat serta hubungan fenomena yang di selidiki, data diperoleh melalui wawancara dan beberapa dokumen sekolah yang mendukung .Hasil penelitian ini menunjjukkan bahwa Implementasi Pendidikan Karakter Religius di SD Muhammadiyah Sirojudin, MI Muhammaadiyah Blondo dan MI Muhammadiyah Paremono memiliki perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi yang cukup baik dibuktikan dengan adanya beberapa solusi dalam menyikapi kendala- kendala yang terjadi pada setiap sekolah, model implementasi yang digunakan dalam penerapan pendidikan karakter pasa SD /MI unggulan se kecamatan mungkid adalah model holistic yang integrasi, yaitu memasukkan pendidikan karakter religious kedalam materi pelajaran.Kendala yang dihadapi dalam penanaman karakter religius adalah kurang singkron antara pembiasaan siswa di sekolah dengan pembiasaan religius siswa di rumah, hal ini menjadikan kesuitan dalam memaksimalkan implementasi pendidikan karakter religius, oleh karena itu sekolah berupaya untuk membuat buku penghubung atau buku control sebagai bahan evaluasi antara guru pengampu dengan perkembangan pembiasaan siswa selama kegiatan di rumah.

Item Type: Karya Ilmiah (Masters)
Pembimbing: Dr. Imam Mawardi, M.Ag dan Dr. Nurodin Usman, Lc, M.A.
Uncontrolled Keywords: Implementasi ,model Pendidikan karakter, Religius
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
L Education > LB Theory and practice of education
Depositing User: Rizki Shofak Isnaini
Date Deposited: 11 Oct 2022 08:11
Last Modified: 11 Oct 2022 08:11
URI: http://eprintslib.ummgl.ac.id/id/eprint/3626

Actions (login required)

View Item View Item