KONTRIBUSI SPIRITUALITAS TEMPAT KERJA TERHADAP KINERJA DILIHAT DARI BUDAYA KERJA DAN KOMITMEN ORGANISASI GURU SMA/SMK SE- KECAMATAN SALAMAN KABUPATEN MAGELANG

Sitawati, Anita Diyah (2022) KONTRIBUSI SPIRITUALITAS TEMPAT KERJA TERHADAP KINERJA DILIHAT DARI BUDAYA KERJA DAN KOMITMEN ORGANISASI GURU SMA/SMK SE- KECAMATAN SALAMAN KABUPATEN MAGELANG. Masters thesis, Skripsi, Universitas Muhammadiyah Magelang.

[img]
Preview
PDF (Tesis)
19.0406.0032_COVER_BAB I, BAB II, BAB III, BAB V, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img] PDF (Tesis)
19.0406.0032_COVER_BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] PDF (Tesis)
19.0406.0032_FULLTEXS.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy
[img] PDF (Tesis)
19.0406.0032_COVER_LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[img] PDF (Tesis)
19.0406.0032_COVER_PERNYATAAN UNGGAH REPOSITORY.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (278kB) | Request a copy

Abstract

ANITA DIYAH SITAWATI. Kontribusi Spiritualitas Tempat Kerja Terhadap Kinerja dilihat dari Budaya Kerja dan Komitmen Organisasi Guru SMA/SMK SeKecamatan Salaman Kabupaten Magelang. Tesis. Magelang: Pascasarjana Universitas Muhammadiyah Magelang. 2022. Guru merupakan unsur sangat urgen di sekolah. Akan tetapi dalam kenyataannnya tidak semua guru memiliki kinerja yang baik. Kinerja guru dipengaruhi oleh banyak hal. Daintaranya spiritualitas, komitmen oraganisadi dan budaya kerja. Tujuan peneltian ini adalah: (1) Untuk mengetahui Spiritualitas Tempat Kerja Guru; (2) Untuk mengetahui Komitmen Organisasi Guru; (3) Untuk mengetahui Budaya Kerja Guru; (4) Untuk mengetahui Kinerja Guru; (5) Untuk mengetahui Pengaruh Spiritualitas terhadap Kinerja Guru dengan Komitmen Organisasi sebagai variabel intervening; (6) Untuk mengetahui Pengaruh Spiritualitas terhadap Kinerja Guru dengan Budaya Kerja Guru sebagai variabel intervening. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh guru SMA/SMK Se Kecamatan Salaman, Kabupaten magelang yang berjumlah185 guru. Sampel Penelitian ini diambil 30 % dari jumlah populasi. Dengan demikian, sampel penelitian ini berjumlah 85 responden. Untuk melakukan analisis data pada penelitian ini, maka digunakan: (1) Teknik Analisis diskriptif (2) Teknik Analisis Regresi. (3) Analisis Jalur. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Nilai Koefisien Beta Spiritualitas Tempat Kerja terhadap Komitmen Organisasi (X–Z1) menunjukkan angka sebesar 0,689 dan nilai Koefisien Beta Komitmen Organisasi terhadap Kinerja Guru (Z1–Y) sebesar 0,451. Oleh karena itu pengaruh tidak langsung (indirect effect) Spiritualitas Tempat Kerja terhadap Kinerja Guru melalui Komitmen Organisasi sebagai variabel intervening (X–Z1–Y) adalah 31 %. Jika dibandingkan dengan pengaruh langsung Spiritualitas Tempat Kerja terhadap Kinerja Guru (X-Y), maka (X–Z1–Y) > (X – Y) atau 0,311 > 0,181. Ini menunjukkan bahwa pengaruh Spiritualitas Tempat Kerja terhadap Kinerja Guru melalui Komitmen Organisasi guru sangat signifikan; dan (2) Nilai Koefisien Beta Spiritualitas Tempat Kerja terhadap Budaya Kerja (X–Z2) menunjukkan angka sebesar 0,694 dan nilai Koefisien Beta Budaya Kerja terhadap Kinerja (Z2–Y) sebesar 0,374. Oleh karena itu pengaruh tidak langsung (indirect effect) Spiritualitas Tempat Kerja terhadap Kinerja Guru melalui Budaya Kerja sebagai variabel intervening sebesar 26%. (0,694 X 0,374 = 0,26). Jika dibandingkan dengan pengaruh langsung Spiritualitas Tempat Kerja terhadap Kinerja Guru (X-Y), maka (X–Z2–Y) > (X – Y) atau 0,26 > 0,181. Hal ini menunjukkan bahwa Spiritualitas Tempat Kerja semakin baik maka komitmen organisasi dan budaya kerja juga semakin baik, yang selanjutnya berpengaruh positif terhadap kiner guru.

Item Type: Karya Ilmiah (Masters)
Pembimbing: Dr. Nurodin Usman, Lc, MA dan Dr. Imam Mawardi, M.Ag
Uncontrolled Keywords: Spiritualitas, Kinerja, Budaya Kerja, Komitmen
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
L Education > LB Theory and practice of education
Depositing User: Rizki Shofak Isnaini
Date Deposited: 11 Oct 2022 08:08
Last Modified: 11 Oct 2022 08:08
URI: http://eprintslib.ummgl.ac.id/id/eprint/3625

Actions (login required)

View Item View Item