MANAJEMEN PEMBELAJARAN AL ISLAM DAN KEMUHAMMADIYAHAN (AIK) SEBAGAI SARANA PERKADERAN IKATAN PELAJAR MUHAMMADIYAH (IPM) DI SMA DAN SMK MUHAMMADIYAH SeKABUPATEN TEMANGGUNG

suwondo, Suwondo (2022) MANAJEMEN PEMBELAJARAN AL ISLAM DAN KEMUHAMMADIYAHAN (AIK) SEBAGAI SARANA PERKADERAN IKATAN PELAJAR MUHAMMADIYAH (IPM) DI SMA DAN SMK MUHAMMADIYAH SeKABUPATEN TEMANGGUNG. Masters thesis, Skripsi, Universitas Muhammadiyah Magelang.

[img]
Preview
PDF (Tesis)
19.0406.0028_COVER_BAB I, BAB II, BAB III, BAB V, DAFTRA PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img] PDF (Tesis)
19.0406.0028_COVER _BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (758kB) | Request a copy
[img] PDF (Tesis)
19.0406.0028_FULLTEKS.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (5MB) | Request a copy
[img] PDF (Tesis)
19.0406.0028_COVER_LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy
[img] PDF (Tesis)
19.0406.0028_PERNYATAAN UNGGAH REPOSITORY.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (362kB) | Request a copy

Abstract

SUWONDO: Manajemen Pembelajaran Al Islam dan Kemuhammadiyahan Sebagai Sarana Perkaderan Ikatan Pelajar Muhammadiyah di SMA dan SMK Muhammadiyah se-Kabupaten Temanggung. Tesis. Magelang: Pascasarjana Universitas Muhammadiyah Magelang. 2022. Pelajaran Al Islam, Kemuhammadiyahan dan Bahasa Arab (AIK/ISMUBA) adalah pelajaran yang menjadi ruh dan spirit sekaligus andalan pondasi ideologi, gerakan, amal, kaderisasi dan pondasi anggota Muhammadiyah terutama di sektor pendidikan baik guru maupun pelajar. Pentingnya pelajaran ini sebagai sarana perkaderan utamanya pelajar adalah karena Muhammadiyah merupakan organisasi besar yang bergerak memajukan dalam segala sektor, mulai dari pendidikan, kesehatan, sosial dan lain-lain. Oleh karena pelajar melalui organisasinya Ikatan Pelajar Muhammadiyah (IPM) adalah bibit awal perkaderan yang bisa diandalkan, maka melalui pembelajaran AIK ini perkaderan IPM menjadi lebih kuat dalam segi ilmu dan ibadah serta siap berkomitmen untuk menjaga dan memajukan persyarikatan Muhammadiyah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pemahaman, manajemen pembelajaran, penanaman nilai-nilai, problematika dan solusi dari pembelajaran AIK di SMK dan SMK Muhammadiyah se-Kabupaten Temanggung. Metode penelitian ini menggunakan metode kualitatif penelitian lapangan (Field Research). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pemahaman siswa yang berbeda-beda tingkatan karena latar belakang siswa baik kultur agama, sosial dan budaya. Manajemen pembelajaran yang belum satu pola antar sesama sekolah Muhamamdiyah di tingkat SMA dan SMK juga termasuk belum adanya kerjasama antara guru pelajaran AIK dengan guru mata pelajaran umum. Penanaman nilai-nilai AIK kedalam pelajaran umum dan melalui kegiatankegiatan kemuhammadiyahan selama belajar didalam kelas maupun diluar kelas. Problematika yang dihadapi adalah kurangnya media buku pokok dan penunjang juga tenaga pengajar AIK. Dan Solusi yang ditempuh adalah pengadaan buku dan mempersiapkan tenaga guru melalui perekrutan di lingkungan Muhammadiyah.

Item Type: Karya Ilmiah (Masters)
Pembimbing: Dr. Imron, S.Ag., MA dan Dr. Imam Mawardi, M.Ag
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
L Education > LB Theory and practice of education
Depositing User: Rizki Shofak Isnaini
Date Deposited: 11 Oct 2022 08:07
Last Modified: 11 Oct 2022 08:07
URI: http://eprintslib.ummgl.ac.id/id/eprint/3624

Actions (login required)

View Item View Item