EVALUASI MANAJEMEN KURIKULUM BERBASIS ISLAMIC MONTESSORI DENGAN MODEL EVALUATION PROGRAM FOR INNOVATIVE CURRICULUM (EPIC) (Studi Kasus Implementasi Pembelajaran Belajar Dari Rumah)

Asih, Sri (2022) EVALUASI MANAJEMEN KURIKULUM BERBASIS ISLAMIC MONTESSORI DENGAN MODEL EVALUATION PROGRAM FOR INNOVATIVE CURRICULUM (EPIC) (Studi Kasus Implementasi Pembelajaran Belajar Dari Rumah). Masters thesis, Skripsi, Universitas Muhammadiyah Magelang.

[img]
Preview
PDF (Tesis)
1904060017_BAB I_BAB II_BAB III_BAB V_Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (525kB) | Preview
[img] PDF (Tesis)
1904060017_BAB IV_BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] PDF (Tesis)
1904060017_FULLTEXT.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy
[img] PDF (Tesis)
1904060017_LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[img] PDF (Tesis)
19.0406.0017_pernyataan publikasi.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (691kB) | Request a copy

Abstract

SRI ASIH : Evaluasi Manajemen Kurikulum Berbasis Islamic Montessori dengan Model Evaluation Program for Innovative Curriculum (EPIC) (Studi Kasus Implementasi Pembelajaran Belajar Dari Rumah). Tesis. Magelang : Pascasarjana Universitas Muhammadiyah Magelang, 2022. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil evaluasi local dari implementasi Pembelajaran BDR berbasis kurikulum Islamic Montessori, dengan menggunakan model EPIC di TK Budi Mulia Dua Seturan Sleman Yogyakarta. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan teknik pengambilan data menggunakan wawancara virtual (Zoom Meeting dan Google Form), observasi dan dokumentasi. Pengolahan data menggunakan aplikasi atlas ti versi 7. Informasi didapat dari responden yaitu kepala sekolah, waka kurikulum, guru kelas dan administrator. Teknik keabsahan menggunakan teori Creswell dan analisis data menggunakan triangulasi, menggunakan bahan referensi, dan member check. Hasil penelitian dapat disimpulkan beberapa hal yaitu (1) Hasil analisis EPIC di TK Budi Mulia Dua Seturan adalah pada variable proses pembelajaran (instrusional) dan population/ kelembagaan terdapat kesesuaian tujuan evaluasi dengan kriteria yang sudah ditargetkan dimasa pandemi. Pada variable behavior memang belum terlihat jelas capaian untuk semua indicator. Indicator yang terasa menonjol pada kognitif,. Indikator afektif dan psikomotor belum seluruhnya sesuai dengan kriteria walaupun upaya telah dilakukan secara maksimal. Berdasarkan penelitian guru merasa pada bagian “praktek ibadah” dan “berbagi” tidak bisa teramati sebagai pembiasaan, dan bagian psikomotor yang tidak teramati pada melakuakn motorik kasar melalui senam, guru sudah membuat video pembelajaran namun belum dapat teramati konsisten anak melakukannya di rumah. (2) Manajeman kurikulum yang berbeda disaat BDR, menggunakan strategi synchronous dan asynchronous . (3). Bentuk kegiatan terbagi menjadi 3 yaitu Zoom meeting clas, lesson kit yang menarik dan pembuatan video pembelajaran yang diuplod di you tube (4) Temuan inovasi guru selama BDR meningkat tajam ada 9 kompetensi tambahan yang dikuasai. (5). Respon orang tua yang ditunjukan pada Google Form tahun ajaran 2021/2022 terkait kualitas produk BDR yaitu paling tinggi kepuasan orang tua pada adanya lesson kit mencapai 92.2 % (baik dan sangat baik), video pembelajaran mencapai 88,3 % (baik dan sangat baik) dan zoom meeting mencapai 61% (efektif dan sangat efektif)

Item Type: Karya Ilmiah (Masters)
Pembimbing: Dr.Imam Mawardi, M.Ag dan Dr.Imron, M.A
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
L Education > LB Theory and practice of education
Depositing User: Rizki Shofak Isnaini
Date Deposited: 11 Oct 2022 08:05
Last Modified: 11 Oct 2022 08:05
URI: http://eprintslib.ummgl.ac.id/id/eprint/3622

Actions (login required)

View Item View Item