Darussalam, Masyhuda (2022) PENGEMBANGAN SISTEM MANAJEMEN SARANA DAN PRASARANA DALAM PENINGKATAN MUTU PENDIDIKAN DI SMP MUHAMMADIYAH MUNTILAN DAN SMP MUHAMMADIYAH PLUS GUNUNGPRING MUNTILAN. Masters thesis, Skripsi, Universitas Muhammadiyah Magelang.
|
PDF (Tesis)
19.0406.0010_BAB I, BAB II, BAB III, BAB V, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (1MB) | Preview |
|
PDF (Tesis)
19.0406.0010_BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
||
PDF (Tesis)
19.0406.0010_FULLTEKS.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (3MB) | Request a copy |
||
PDF (Tesis)
19.0406.0010_LAMPIRAN.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (2MB) | Request a copy |
||
PDF (Tesis)
19.0406.0010_PERNYATAAN UNGGAH REPOSITORY.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (437kB) | Request a copy |
Abstract
MASYHUDA DARUSSALAM: Pengembangan Sistem Manajemen Sarana dan Prasarana dalam Peningkatan Mutu Pendidikan di SMP Muhammadiyah Muntilan dan SMP Muhammadiyah Plus Gunungpring Muntilan.Tesis. Magelang : Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Magelang, 2022. Sarana dan prasarana merupakan faktor penting dalam meningkatkan mutu pendidikan, dua sekolah ini berupaya memenuhi kebutuhan sarana dan prasarana, penelitian ini bertujuan untuk: 1) Mendeskripsikan pengembangan sistem manajemen sarana dan prasarana dalam peningkatan mutu pendidikan di sekolah, 2) Menganalisis kendala dan solusi dalam pengembangan sistem manajemen sarana dan prasarana dalam peningkatan mutu pendidikan di sekolah, 3) Menganalisis hasil peningkatan mutu pendidikan di sekolah tersebut melalui pengembangan sistem manajemen sarana dan prasarana. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif, penelitian dilakukan di sekolah tersebut, subjek dalam penelitian yaitu kepala sekolah pengelola sarana dan prasarana ketua komite, guru dan siswa. Teknik pengumpulan data dengan cara wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian diketahui bahwa (1) Pengembangan sistem manajemen sarana dan prasarana dalam peningkatan mutu pendidikan di sekolah tersebut dilakukan dengan: Perencanaan, yaitu rapat koordinasi dan penetapan kebutuhan sarana dan prasarana pendidikan. Pengadaan sarana dan prasarana meliputi pemilihan sesuai kebutuhan dan pembelanjaan sesuai dengan peraturan yang berlaku. Penggunaan dan perawatan sarana dan prasarana dilakukan dengan efektif dan efisien penggunaan disesuaikan dengan pedoman penggunaan perawatan berkala untuk mempertahankan masa pakai. Inventarisasi dilakukan dengan mencatat sarana dan prasarana agar tetap terjaga kondisi dan keutuhannya, memilih barang yang layak dan tidak layak pakai. Penghapusan barang dilakukan untuk Mengurangi biaya perawatan dan menjaga ketepatan penggunaan.(2) Kendalanya adalah anggaran, kurangnya tenaga administrasi dan kurangnya tempat penyimpanan. Solusi masalah anggaran dengan cara mengoptimalkan anggaran yang ada dan mencari dana dari sumber lain, kurangnya tenaga administrasi yaitu dengan menambah dan mengikutsertakan tenaga yang ada dalam diklat secara resmi untuk mengoptimalkan kinerja sesuai bidangnya, kurangnya tempat penyimpanan dengan jalan mengefektifkan segala kegiatan penghapusan barang inventaris. (3) Hasil peningkatan mutu pendidikan melalui sarana prasarana yaitu meningkatnya prestasi baik akademik maupun nonakademik antara lain nilai ujian di atas rata-rata, akreditasi A dan lain-lain. Kata Kunci : Manajemen, Sarana prasarana, dan Mutu Pendidikan
Item Type: | Karya Ilmiah (Masters) |
---|---|
Pembimbing: | Dr. Imam Mawardi, M.Ag dan Dr. Nurodin Usman |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc L Education > LB Theory and practice of education |
Depositing User: | Rizki Shofak Isnaini |
Date Deposited: | 11 Oct 2022 08:04 |
Last Modified: | 11 Oct 2022 08:04 |
URI: | http://eprintslib.ummgl.ac.id/id/eprint/3620 |
Actions (login required)
View Item |