PENGARUH PELATIHAN PENGEMBANGAN DIRI TERHADAP PENINGKATAN KOMUNIKASI INTERPERSONAL SISWA (Penelitian pada Siswa Kelas VIII SMP Muhammadiyah Kota Magelang)

Annisa, Latif (2017) PENGARUH PELATIHAN PENGEMBANGAN DIRI TERHADAP PENINGKATAN KOMUNIKASI INTERPERSONAL SISWA (Penelitian pada Siswa Kelas VIII SMP Muhammadiyah Kota Magelang). Other thesis, Skripsi, Universitas Muhammadiyah Magelang.

[img]
Preview
PDF (Skripsi)
12.0301.0037_BAB I_BAB II_BAB III_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (564kB) | Preview
[img] PDF (Skripsi)
12.0301.0037_BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (324kB) | Request a copy
[img] PDF (Skripsi)
12.0301.0037_LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] PDF (Skripsi)
12.0301.0037_FULLTEXT.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

terhadap peningkatan komunikasi interpersonal siswa. Penelitian dilakukan pada siswa kelas VIII SMP Muhammadiyah Kota Magelang Tahun Ajaran. 2016/2017. Penelitian ini menggunakan desain pretest-posttes control group design. Subjek penelitian dipilih secara purposive sampling yaitu 20 siswa, 10 siswa sebagai kelompok eksperimen dan 10 siswa sebagai kelompok kontrol. 10 siswa sebagai kelompok eksperimen yang mempunyai komunikasi interpersonal rendah dan sedang. Analisis data menggunakan statistic non parametric dengan uji Mann Whitney dengan bantuan program SPSS 16.0 for windows. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelatihan pengembangan diri melalaui teknik simulasi dan game berpengaruh terhadap peningkatan komunikasi interpersonal siswa kelas VIII B SMP Muhammadiyah Kota Magelang Tahun Ajaran 2016/2017. Hal ini dibuktikan dengan adanya peningkatan setelah diberikan pelatihan pengembangan diri dengan teknik simulasi dan game. Selain itu peningkatan komunikasi interpersonal siswa ditandai dengan perbedaan aspek dan indikator komunikasi interpersonal. Salah satunya adalah siswa yang semula takut bertanya kepada guru saat pelajaran berlangsung, sekarang tidak lagi takut dan malu untuk bertanya ketika belum paham.

Item Type: Karya Ilmiah (Other)
Pembimbing: Dr. Muhammad Japar, M.Si., Kons., (0012096606) dan Dr. Riana Mashar, M.Si., P.Si., (0614107401)
Uncontrolled Keywords: Pelatihan Pengembangan Diri, Simulasi dan Game, Komunikasi Interpersonal.
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Depositing User: Sulistya Nur Ginanjar, SIP.
Date Deposited: 22 Jul 2019 03:21
Last Modified: 22 Jul 2019 03:21
URI: http://eprintslib.ummgl.ac.id/id/eprint/362

Actions (login required)

View Item View Item