Arifin, Zaenal (2022) ANALISIS MANAJEMEN KEPEMIMPINAN TRANSFORMASIONAL UNTUK MENINGKATKAN KINERJA GURU SMP MUHAMMADIYAH DI KABUPATEN TEMANGGUNG. Masters thesis, Skripsi, Universitas Muhammadiyah Magelang.
|
PDF (Tesis)
18.0406.0015_COVER_BAB I_BAB II_BAB III_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (376kB) | Preview |
|
PDF (Tesis)
18.0406.0015_COVER_BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (261kB) | Request a copy |
||
PDF (Tesis)
1804060015 FULL TEXT.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (3MB) | Request a copy |
||
PDF (Tesis)
18.0406.0015_COVER_LAMPIRAN.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
||
PDF (Tesis)
18.0406.0015_COVER_PERNYATAAN UNGGAH REPOSITORY.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (310kB) | Request a copy |
Abstract
ZAENAL ARIFIN: Analisis Manajemen Kepemimpinan Transformasional Untuk Meningkatkan Kinerja Guru SMP Muhammadiyah di Kabupaten Temanggung. Tesis. Magelang: Pascasarjana Universitas Muhammadiyah Magelang, 2022. Salah satu permasalahan yang ada dalam dunia pendidikan adalah kinerja guru. Karena guru adalah sebagai ujung tombak pendidikan. Jika guru memiliki kinerja tinggi, maka hasil atau output yang dikeluarkan oleh seorang guru juga akan lebih maksimal. Maka dalam hal ini, untuk mengetahui manajemen kepemimpinan transformasional untuk meningkatkan kinerja guru smp Muhammadiyah di Kabupaten Temanggung. Banyak hal yang terkait dalam rangka menunjang keberhasilan sebuah institusi pendidikan Islam salah satunya menyangkut dengan gaya yang ditampilkan oleh sosok pemimpin atau pola perilaku yang ditampilkannya dalam memimpin. Secara umum terdapat dua gaya atau dua model kepemimpinan yaitu yang berorientasi pada tugas (task oriented), dan model kepemimpinan yang berorientasi kepada anggota (employee-oriented). Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, data yang dihasilkan melalui teknik wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil Penelitian ini menyatakan bahwa Manajemen Kepemimpinan Transformasional untuk meningkatkan Kinerja Guru SMP Muhammadiyah di Kabupaten Temanggung dilakukan dengan melalui 3 tahap yaitu (1) kepemimpinan transformasional SMP Muhammadiyah di temanggung, dilakukan dari visi dan misi kepala sekolah, (2) kepemimpinan transformasional, untuk meningkatkan kinerja guru meliputi: perilaku Idealized influence-charisma, Inspirational Motivation, Intellectual Stimulation, Individual Consideration, (3) Evaluasi. Pendekatan yang di gunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif. Data dari penelitian ini diperoleh dari kepala sekolah, dan guru di SMP Muhammadiyah se Kabupaten Temanggung. Data dikumpulkan dengan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif-kualitatif. Hasil penelitian menunjukan bahwa manajemen kepemimpinan transformasional mampu meningkatkan kualitas kinerja guru SMP Muhammadiyah di Kabupaten Temanggung.
Item Type: | Karya Ilmiah (Masters) |
---|---|
Pembimbing: | Dr. Nurodin Usman, Lc., MA dan Dr. Imron, S.Ag., MA |
Uncontrolled Keywords: | manajemen kepemimpinan transformasional, kinerja guru |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc L Education > LB Theory and practice of education |
Depositing User: | Rizki Shofak Isnaini |
Date Deposited: | 11 Oct 2022 08:03 |
Last Modified: | 11 Oct 2022 08:03 |
URI: | http://eprintslib.ummgl.ac.id/id/eprint/3619 |
Actions (login required)
View Item |