Purwanto, Hari (2022) MANAJEMEN STRATEGIK KEPALA SEKOLAH DALAM PENGEMBANGAN MUTU SEKOLAH (Studi di Lembaga Pendidikan Formal Muhammadiyah Kota Magelang). Masters thesis, Skripsi, Universitas Muhammadiyah Magelang.
|
PDF (Tesis)
18.0406.0011_COVER_BAB I_BAB II_BAB III_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (856kB) | Preview |
|
PDF (Tesis)
18.0406.0011_Cover_BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (664kB) | Request a copy |
||
PDF (Tesis)
18.0406.0011_Fulltext.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
||
PDF (Tesis)
18.0406.0011_Cover_Lampiran.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (4MB) | Request a copy |
||
PDF (Tesis)
18.0406.0011_Cover_Pernyataan Unggah Repository.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (148kB) | Request a copy |
Abstract
HARI PURWANTO, Manajemen Strategik Kepala Sekolah Dalam Pengembangan Mutu Sekolah (Studi di Lembaga Pendidikan Formal Muhammadiyah Kota Magelang). Magister Manajemen Pendidikan Islam Tahun 2022 Pendidikan sebagai leading sector pembangunan manusia memiliki peran signifikan dalam menjawab persaingan global serta perubahan kondisi sosial ekonomi masyarakat dunia. Dalam menciptakan mutu sekolah seorang kepala sekolah setidaknya memiliki kualifikasi, kompetensi, dan dedikasi yang tinggi untuk menjalankan tugas profesionalnya terutama dalam menerapkan strategi yang tepat guna. Dalam penulisan tesis ini peneliti menggunakan pendekatan penelitian kualitatif jenis fenomenologi, di mana dalam penelitian ini lebih menekankan pada makna dan proses. Sekolah yang berkualitas/bermutu dihasilkan oleh system managemen dan kepemimpinan kepala sekolah bermutu dan profesional. Rendahnya mutu pendidikan pada setiap jenjang pendidikan berpengaruh terhadap jenjang pendidikan di atasnya, ada beberapa masalah mutu pendidikan yang dihadapi dibeberapa sekolah Muhammadiyah di Kota Magelang. Dari hasil penelitian didapatkan hasil sebagian besar sekoah membuat perencanaan dengan melibatkan komponen-komponen sekolah sebagai pemangku kebijakan dan secara berkesinambungan diadakan forum-forum ilmiah guna membantu mengembangkan kompetensi pendidik dan tenanga kependidikan. Sekolah melakukan analisa SWOT guna mengetahui kekuatan dan kelemahan serta kesempatan dan pembagian tugas pokok dan fungsi yang jelas kepada unsur-unsur sekolah. Masing-masing penanggungjawab secara berkala mengadakan evaluasi pelaksanaan program di bawah kendali dari Kepala Sekolah. Kendala-kendala yang dijumpai atau ditemukan sebagian besar bersifat teknis, disamping itu pendanaan yang minim juga menjadi kendala utama sekolah. Formulasi strategi sekolah dalam rangka mengembangkan mutu sekolah dari masing-masing sekolah adalah meningkatkan koordinasi antar bidang, optimalisasi peran pihak internal dan eksteral sekolah serta setiap program harus mengacu pada analisa SWOT. Dalam penyusunan program harus mengacu pada visi, misi, dan tujuan sekolah. Pemanfaatan pendanaan yang tepat sasaran, tranasparan, dan diutamakan untuk program-program prioritas. Sekolah-sekolah Muhammadiyah di Kota Magelang sebagian besar sudah menerapkan prinsip-prinsip pengembangan mutu sesuai dengan standar mutu nasional. Hal ini dapat dilihat dari animo masyarakat untuk memasukkan putra putrinya di sekolah Muhammadiyah di Kota Magelang ada kecenderungan meningkat.
Item Type: | Karya Ilmiah (Masters) |
---|---|
Pembimbing: | Dr. Imam Mawardi, M.Ag dan Dr. Nurodin Usman, Lc., M.A. |
Uncontrolled Keywords: | Manajemen, Strategik, Mutu |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc L Education > LB Theory and practice of education |
Depositing User: | Rizki Shofak Isnaini |
Date Deposited: | 11 Oct 2022 08:02 |
Last Modified: | 11 Oct 2022 08:02 |
URI: | http://eprintslib.ummgl.ac.id/id/eprint/3618 |
Actions (login required)
View Item |