PENGARUH KONSELING KELOMPOK DENGAN TEKNIK ROLE PLAYING UNTUK MENINGKATKAN AKTUALISASI DIRI SISWA (Penelitian pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 7 Kota Magelang)

Ramadhan, Rahmat Fauzi (2017) PENGARUH KONSELING KELOMPOK DENGAN TEKNIK ROLE PLAYING UNTUK MENINGKATKAN AKTUALISASI DIRI SISWA (Penelitian pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 7 Kota Magelang). Other thesis, Skripsi, Universitas Muhammadiyah Magelang.

[img]
Preview
PDF (Skripsi)
12.0301.0028_BAB I_BAB II_BAB III_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (548kB) | Preview
[img] PDF (Skripsi)
12.0301.0028_BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (363kB) | Request a copy
[img] PDF (Skripsi)
12.0301.0028_LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] PDF (Skripsi)
12.0301.0028_FULLTEXT.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh konseling kelompok dengan teknik role playing terhadap peningkatan aktualisasi diri siswa. Penelitian dilakukan pada siswa Kelas VIII SMP Negeri 7 Kota Magelang Tahun Ajaran 2016/2017. Penelitian ini menggunakan desain penelitian one group pretest-postest design. Subjek penelitian dipilih secara purposive sampling. Sampel yang diambil sebanyak 10 siswa dengan diberikan perlakuan berupa konseling kelompok melalui teknik role playing. Metode pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan angket aktualisasi diri dan dokumentasi. Hasil penelitian dianalisis dengan menggunakan metode statistic non parametric dari program SPSS versi 16.0 for windows dengan menggunakan uji wilcoxon match pairs test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada perbedaan peningkatan aktualisasi diri siswa sebelum dan setelah mengikuti konseling kelompok teknik role playing dibuktikan dengan skor rata-rata pretest sebesar 116,1 dan posttest sebesar 131,0 yang memiliki selisih rata-rata skor pretest dan posttest sebesar 14,1 dengan peningkatan rata-rata 14%. Peningkatan aktualisasi diri ditunjukan dengan siswa yang semula merasa kurang mampu untuk menyesuaikan diri dengan keadaan suasana kelas menjadi mulai mampu untuk menerima keadaan dan membiasakan untuk menyesuaikan diri.

Item Type: Karya Ilmiah (Other)
Pembimbing: Dr. Purwati, MS.,Kons (0002086001) dan Sugiyadi, M.Pd.,Kons, (0627057501)
Uncontrolled Keywords: Konseling Kelompok, Role Playing, Aktualisasi Dir
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Depositing User: Sulistya Nur Ginanjar, SIP.
Date Deposited: 22 Jul 2019 03:15
Last Modified: 22 Jul 2019 03:15
URI: http://eprintslib.ummgl.ac.id/id/eprint/358

Actions (login required)

View Item View Item